Ratusan Orang Keracunan Jamuan Calon Haji, Sampel Makanan Dikirim ke Dinkes Kabupaten Tasikmalaya

keracunan makanan
Ilustrasi keracunan makanan. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Puskesmas Sukaraja mengirim sampel makanan ke Dinkes Kabupaten Tasikmalaya pasca ratusan orang keracunan makanan pada Senin (30/5/2022).

Diketahui, keracunan massal yang mengakibatkan sebanyak 147 orang serentak mengalami gejala demam, pusing, mual dan diare pasca menghadiri jamuan acara walimatussafar calon haji di Mesjid At-taqwa Kampung Cimawate, Desa Tarunajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu (28/5/2022) malam.

Baca Juga:  Pendaftaran CPNS Baru Dibuka Jam 23.11 WIB Hari Ini

“Sampel makanan yang mungkin menjadi penyebab keracunan sudah kami kirim untuk penelitian di laboratorium di Bandung, untuk memastikan betul atau tidaknya keracunan,” kata petugas Puskesmas, Memed.

Baca Juga:  Seorang Kakek di Desa Manggungsari Tasikmalaya Tewas dalam Sumur, Begini Kronologinya

Selain itu, petugas Polsek Sukaraja juga mengambil sampel yang sama untuk kepentingan penyelidikan. Bedanya, Polsek Sukaraja mengirim sampel tersebut ke Polres Tasikmalaya.

Baca Juga:  Pedagang Hewan Kurban Berdatangan Ke Depok

“Kenapa penelitian sampel makanan ini perlu? Karena dugaan sementara memang (warga sakit akibat keracunan, Red.) dari makanan jamuan pada acara syukuran haji,” tuturnya.