Ridwan Kamil Beberkan Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual bagi Kehidupan Umat Manusia

Tangkap Layar-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi pemateri pada acara Webinar LPPM-Unisba dengan tajuk ‘Hak Pencipta Buku Ulama Nusantara dan Arsitektur Masjid, Antara Karya Komersial dan Kemanfaatannya bagi Umat Manusia’ via Zoom di Kota Bandung, Kamis (7/4/2022). (Foto: Rian/JabarNews).

Ridwan Kamil berbagi kisahnya saat ada UMKM yang ingin berkolaborasi dengan dirinya sebagai desainer dan yang bagian produksi adalah UMKM itu sendiri.

“Saat ada UMKM yang seperti ini ‘pak Ridwan supaya merek kita laku boleh gak kita kolaborasi, imajinasi desainnya dari pak Ridwan, kita yang produksi, tapi kami nanti cantumkan bahwa produk baju koko ini adalah disebut Kamil Series,” ucapnya.

Baca Juga:  Angklung Khatulistiwa Sebuah Seni Identitas Bangsa Indonesia

Dalam dunia arsitektur, lanjut Ridwan Kamil, hak kekayaan intelektual itu lebih kepada masalah pengakuan siapa arsitek dari bangunan yang sedang atau sudah dikerjakan.

Baca Juga:  Pemkot Rencana Gandeng PKBI Kelola Kebun Binatang Bandung

Terlebih, dalam mendesain masjid-masjid, Ridwan Kamil mendedikasikan karyanya itu untuk berdakwah dan kepentingan umat manusia, khususnya umat Islam.

“Itu akan mendapatkan penghormatan sejarah dalam catatannya sebagai penghargaan atas karya yang telah kita buat. Ini juga sebagai jalan dakwah saya sebagai arsitek,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lepaskan Jamaah Umroh, Ini Pesan Kapolsek Bungursari