Sejak H-7 Lebaran 2022, Dishub Catat Hampir 1 Juta Kendaraan Keluar Kota Bandung

Ilustrasi mudik. (Foto: Tribunnews).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Perhubungan Kota Bandung mencatat sebanyak 944.909 kendaraan meninggalkan bandung sejak H-7 Lebaran 2022. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Khairul Rijal.

Rijal menerangkan, rerata kendaraan tersebut melakukan perjalanan mudik ke berbagai daerah. Adapun jenis kendaraan roda dua yang keluar dari Kota Bandung sebanyak 465.633 dan 479.276 kendaraan roda empat.

Baca Juga:  Ini Penyebab Sebagian Wilayah Kota Banjar Mati Lampu, Karena Tersambar Petir?

“Kalau dari pantauan CCTV, H-5 itu ada peningkatan pemudik yang keluar dari Bandung. Lonjakan kendaraan yang meninggalkan Bandung mulai terjadi pada Rabu kemarin,” katanya, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga:  Viral Gadis 14 Tahun di Kota Bandung Jadi Koraban Asusila, Ketua RT: Kasus Ini Seperti Prostitusi Online

Ia menjelaskan, angka tersebut berdasarkan perhitungan dengan mengandalkan kamera pengawas atau CCTV yang tersebar di 8 titik di Kota Bandung. Adapun para pemudik ini mengarah ke Timur menuju beberapa daerah tujuan seperti Garut, Tasikmalaya, hingga beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga:  Desa Cikurubuk, Tempat Asal-Usul Kesenian Tradisional Kuda Renggong Khas Sumedang

“Pemudik kalau di Kota Bandung, itu roda dua menggunakan jalur Soekarno-Hatta dari arah Barat ke Timur terus masuk Cimahi, Ciberem, sampai ke Cibiru yang menuju ke Garut, Jawa tengah sama Jawa Timur. Kalau yang roda empat kebanyakan lewat Tol Purbaleunyi,” katanya.