Sejumlah Langkah Dilakukan Polisi Guna Kelancaran dan Keamanan di Jawa Barat

JABARNEWS | PURWAKARTA – Memasuki libur perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di wilayah Jawa Barat (Jabar), jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jabar terus memastikan kesiapan personel dalam pengamanan dan kelancaran arus lalu lintas.

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kabinda Jabar Brigjen TNI Dedi Agus P, lakukan pengecekan bersama ke Pos Terpadu Operasi Lilin Lodaya 2020, Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

“Pada H-2 ini, kami bersama Pangdam dan Kabinda sengaja cek pos terkait arus mudik nataru tahun ini. Saya pantau pos cikopo. Sampai sekarang arus masih normal. Kita lihat perkembangan sampai nanti malam,” Kata Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri kepada sejumlah awak media, Pada Rabu (23/12/2020).

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Berhasil Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk di Purwakarta

Menurutnya, sejumlah langkah-langkah antisipasi sudah dilakukan, termasuk untuk kendaraan sumbu tiga, sejak pukul 00.00 tadi malam sudah tidak bisa masuk ke tol.

“Berkaitan dengan pandemi covid-19, kami juga sudah menyiapkan rapid test antigen yang akan diberlakukan secara random melihat kondisi rest area,” jelasnya.

Sementara, lanjut Dofiri sapaan akrab Kapolda Jabar itu, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan menjelang libur Nataru, pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal demi kelancaran arus lalu lintas saat kedua perayaan tersebut.

Baca Juga:  Tabrak Motor IRT, Mahasiswa Asal Serdang Bedagai Luka-Luka

“Sudah kita simulasikan, dari dirlantas pun sudah membuat rencana pengamanannya. Mudah-mudahan nanti pada saat libur panjang Nataru berjalan lancar dan kondusif, sehingga kita bisa melakukan pengamanan dengan baik,” jelas Dofiri.

Ia juga menyebut, selain jalur tol dan jalur arteri, jalur selatan pun juga masuk dalam wilayah yang akan disiapkan pengamanannya.

“Persiapan pengamanan nataru yang jelas Jawa Barat kita punya jalur tol, kita punya jalur arteri yang pantura dan selatan, kita punya jalur wisata di puncak dan lembang. Ini yang menjadi fokus perhatian kita, di samping kota bandung, yang diperkirakan akan banyak yang berkunjung untuk berlibur,” ucapnya.

Baca Juga:  Gempa 5,7 SR Mengguncang Cilacap, Tidak Berpotensi Tsunami

Kapolda juga mengajak para pengemudi dan pengguna jalan lainnya agar dapat bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit pada saat melaksanakan perjalanan.

“Untuk pengemudi yang melakukan perjalanan jarak jauh, disarankan untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat selama melakukan perjalanan. Dan tetap mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” pungkasnya.

Penulis: Gigin Ginanjar