Sempat Terhenti, KA Walahar Kembali Layani Penumpang Cikarang-Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – PT KAI kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) lokal Walahar yang sempat terhenti sejak 24 April 2020 karena pandemi Covid-19.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan KA Lokal Walahar yang dioperasikan saat ini melayani relasi Stasiun Cikarang-Purwakarta. yang sebelumnya relasi Tanjung Priok-Purwakarta.

“KA Lokal Walahar hanya melayani relasi Stasiun Cikarang-Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp4.000,” ujar Eva Chairunisa dalam keterangan resmi, Senin (04/01/2020).

Baca Juga:  Puluhan Kios di Pasar Salak Cineam Tasikmalaya Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp2 Miliar

Ia mengatakan, KA Walahar berangkat awal dari Stasiun Cikarang melewati dan melayani naik-turun penumpang, yakni Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta.

“Pengoperasian KA lokal ini tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang,” paparnya.

Baca Juga:  Andre Rahadian: Relawan Terus Solid Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Ia menyampaikan masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Walahar dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan.

“Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat,” katanya.

Ia juga menyampaikan ketentuan wajib untuk masyarakat yang akan naik KA Lokal itu, yakni calon penumpang dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam. Kemudian, calon penumpang wajib menggunakan masker. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Baca Juga:  Edarkan Sabu di Warung Tuak, Seorang Warga di Pematangsiantar Ditangkap Polisi

“Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA,” katanya.

Untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, serta website resmi perseroan.