Warga Sekitar Bendungan Cigasong Dihimbau Waspada

JABARNEWS | MAJALENGKA – Bendungan Cigasong yang berada di lingkungan Sangraja Kelurahan/Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka terpantau meluap. Hanya saja, luapan sungai tersebut masih dalam tahap normal.

Namun demikian, apabila terjadi luapan yang lebih tinggi, maka pihak kepolisian akan langsung berkordinasi dengan pihak lainnya. Sementara itu, masyarakat diminta tetap waspada.

Kapolsek Cigasong, AKP Romdani didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Asep, mengatakan debit air sungai di bendungan Cigasong memang terjadi peningkatan, namun masih sebatas normal.

Baca Juga:  Ade Yasin Akui Pemerintah Kabupaten Bogor Andalkan Pariwisata untuk Pulihkan Ekonomi

“Kami melakukan pemantauan untuk mengetahui ketinggian dan debit air di bendungan Cigasong ini. Jika sudah memasuki kondisi rawan, kita akan segera berkordinasi dengan petugas terkait lainnya,” ungkapnya, Rabu (19/12/2018).

Sementara itu, sejumlah warga yang berada di sepanjang jalur sungai yang mengalir menyusuri Cigasong, Majalengka Kota, Cikasarung dan tembus ke Cideres, mulai terlihat waspada. Mengingat volume air sewaktu-waktu bisa meluap lebih tinggi tiga kali lipat daripada biasanya.

Baca Juga:  Lewat Gerakan Ini, Rumah Zakat Komitmen dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

“Kami sekarang sudah mulai waspada, pokoknya jika awan di atas sudah mulai mendung, kami yang dekat sungai sudah tidak berani lagi mendekati sungai. Karena sungai ini jika sudah meluap sangat tinggi, dan sangat keruh,” ungkap Ujud, warga sekitar.

Baca Juga:  Rabu 5 Juli 2023, Lokasi SIM Keliling Karawang Ada Disini

Luapan banjir aliran sungai Cideres ini juga terlihat di wilayah Tonjong, di atas jembatan Tonjong yang membentang di atas jalan KH. Abdul Halim. Sehingga kondisi meluap atau tidaknya sungai Cideres tersebut sudah terlihat secara kasatmata di atas jembatan. ‎(Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat