BKKBN Ikut Pikirkan Kualitas Penduduk

JABARNEWS | KARAWANG – Rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Lomba Paduan Suara Kader Pos KB antarkabupaten/ kota se-Jawa Barat. Kemudian dilanjutkan roadshow Mobil Unit Penerangan KB se-Jawa Barat, Lomba Cerdas Cermat Kader Kampung KB tingkat provinsi, hingga puncaknya, upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXV di Karawang.

Di acara puncak, digelar pula Kampung KB Expo, yang merupakan pameran Kampung KB unggulan dan gelar dagang Produk UPPKS se-Jawa Barat.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, S Teguh Santoso mengatakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga merupakan program yang sangat strategis dalam pembangunan di Jawa Barat.

Baca Juga:  Mencari Sosok Remaja Panutan Melalui Pemilihan Duta GenRe Purwakarta

Menurutnya, program KB tidak hanya bergerak dalam aspek kuantitas, yaitu pengendalian penduduk. Namun juga dalam aspek kualitas penduduk, program KB berperan penting dalam peningkatan kualitas manusia Jawa Barat berbasiskan keluarga. Terlebih, Jawa Barat dengan jumlah penduduk 48 juta jiwa merupakan penentu dari program pembangunan nasional.

“Untuk itu, masyarakat Jawa Barat perlu mengetahui dan memahami pentingnya program Kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga,” katanya.

Teguh mengatakan Hari Keluarga Nasional merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran keluarga sebagai pilar bangsa. Upaya memperkokoh ketahanan keluarga dan pemenuhan hak anak, menjadi penting untuk mewujudkan keluarga-keluarga Jawa Barat yang maju dan sejahtera.

Baca Juga:  Danpussenarmed Cek Kesiapan Caesar 155 di Batalyon Armed 9 Purwakarta

Ia juga memaparkan, pada Peringatan Harganas XXV tahun 2018 di Manado, Provinsi Jawa Barat mendapatkan perhargaan di tingkat nasional. Yakni, Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI atas nama: Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi, Bupati Garut Rudi Gunawan, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih.

Selanjutnya, Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN atas nama Ketua TP PKK Kab Kuningan, Ketua TP PKK Kota Depok, dan Ketua TP PKK Kota Bogor. Adapula Juara I PAKARTI UTAMA pengelola terbaik tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK KB-Kes kategori Kota 2018, atas nama Kota Banjar. Dan, Juara I Tingkat Nasional pengelola UPPKS, yaitu Kabupaten Bekasi.

Baca Juga:  TV Analog Resmi Dihentikan, Mahfud MD: Warga Miskin Dapat Gratis Set Top Box

Adapun tema yang diangkat pada Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV yaitu “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Dengan sub tema “Perkokoh Ketahanan Keluarga dan Pemenuhan Hak Anak”. Sedangkan Peringatan Hari Anak, mengusung tema GENIUS (Gesit Empati beraNI Unggul Sehat).

Teguh mengungkapkan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian dan kesadaran serta peran aktif tokoh masyarakat dan keluarga dalam menciptakan lingkungan keluarga yang berkualitas dan mampu memenuhi hak dan melindungi anak dalam keluarga. Dengan diikuti oleh 7.000 peserta terdiri dari TPD, TP PKK, PLKB, Pos KB, Kader Kelompok Kegiatan, Forum Anak dan tokoh masyarakat se Jawa Barat. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat