Meski dari Gol Penalti, Timnas Indonesia Berhasil Kalahkan Vietnam

Timnas Indonesia
Asnawi Mangkualam usai mencetak gol melalui penalti dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, 19 Januari 2024. (Foto: KARIM JAAFAR/AFP).

Di masa perpanjangan waktu babak pertama, umpan dari Hubner disambut sundulan Struick namun masih melebar di sisi kanan gawang. Hingga peluit babak pertama berakhir skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia.

Memulai babak kedua, Vietnam mencoba tampil lebih keluar dengan menekan melalui sisi kiri.

Baca Juga:  Hanya Menang 3-0 Lawan Timor Leste, Ternyata 8 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19

Pada menit ke-47, tembakan dari Thai Son Nguyen ditangkis oleh Ernando Ari. Gempuran Vietnam terus berlanjut, enam menit berselang Thai Son Nguyen kembali melepaskan tembakan namun masih melebar di sisi kanan gawang.

Pertandingan berjalan selama 60 menit, Vietnam mendominasi penguasaan bola 57% dibanding Indonesia, 43%. Tim Garuda lebih unggul dalam tembakan dimana Asnawi dan kawan-kawan melepaskan empat tembakan ke arah gawang dibandingkan Vietnam yang hanya mampu melepaskan dua tembakan mengarah ke gawang.

Baca Juga:  Bantai Malaysia 4-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Tim asuhan Philippe Troussier cukup kesulitan menembus lini pertahanan Indonesia yang kini di babak kedua bermain dengan baris lini pertahanan lebih rendah di sepertiga lapangan.

Baca Juga:  Dikala Shin Tae-yong Bicara Pembubaran Timnas Indonesia U-20, Kontraknya Jadi Sorotan

Di menit ke-70, umpan terobosan dari Marselino mengarah ke Hokky Caraka. Hokky yang memperoleh ruang kosong melesatkan tembakan yang masih dapat di blok barisan pertahanan Vietnam.