Polwan Mudah Diterima Masyarakat Subang

JABARNEWS | PURWAKARTA -Secara umum petugas Polisi Bintara Pembinanaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) biasanya didominasi kaum pria, namun di wilayah Kabupaten Subang ternyata sejumlah Polisi Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) adalah sosok Polisi Wanita (Polwan).

Salah satunya adalah Bripda Retno yang sehari-harinya bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Cigadung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang. Bripda Retno mengaku telah bertugas sebagai Bhabinkamtibmas selama satu tahun sebulan.

Baca Juga:  PMII Kota Sukabumi Datangi DPRD, Tanyakan Pengawasan Anggaran Covid-19

“Ya memang kebanyakan Bhabinkamtibmas cowok. Tapi gak ada masalah. Kalau kita sudah dipercaya untuk mengemban tugas, ya kita laksanakan,” katanya dijumpai di Purwakarta dalam rangka mengikuti Sosialisasi Literasi Digital di Kantor Pemkab Purwakarta, Sabtu (14/4/2018).

Retno justru percaya diri sebagai seorang Polisi Wanita (Polwan), tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas akan lebih baik dibandingkan petugas polisi pria.

Baca Juga:  Berikut Ini Menu Sahur Sehat Yang Bisa Diterapkan Sebulan Penuh

“Justru sebagai Polwan saya bisa lebih masuk keseluruh lapisan masyarakat di desa terutama kaum ibu-ibu rumah tangga dan wanita pada umumnya,” katanya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Bripda Tiara yang merupakan Bhabinkamtibmas di Desa Cisampih, Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang. Tiara yang merupakan penduduk lokal daerah tersebut mengaku dapat menjalankan tugas Bhabinkamtibmas yang ia emban dengan baik.

Baca Juga:  Cerita Sopir Ambulans Pengangkut Jenazah Eril Kagum Pada Sosok Ridwan Kamil, Begini Katanya

“Penduduk ada yang mayoritas perempuan. Jadi kehadiran kami sebagai Babinkamtibmas di sini bisa lebih diterima masyarakat,” katanya.

Menurut pengakuan mereka, untuk di wilayah Kabupaten Subang terdapat sejumlah 15 personel Bhabinkantibmas yang merupakan Polwan. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Babinkantibmas wanita mudah diterima masyarakat Subang. (Foto: Gin/Jabarnews)