Aki Motor Atau Mobil Kalian Sering Berjamur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam hal ini beberapa kendaraan bermotor masih menggunakan aki tipe basah sebagai sumber tenaga listrik. Karena terdapat cairan, aki tipe ini sering kali dihinggapi kerak jamur berwarna putih.

Selain tidak enak dipandang, jamur yang muncul juga bisa mempengaruhi aliran listrik meski tak membuat komponen ini menjadi rusak. Ada beberapa penyebab aki menjadi berjamur.

Baca Juga:  Jaga Ketahanan Pangan, Kelompok Tani di Kampung Sawah Bekasi Dikukuhkan

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab aki berjamur yakni:

Pertama. Overcharge – Salah satu penyebabnya adalah terjadinya overcharge yakni pengisian yang dihasilkan oleh alternator ke aki terlalu berlebihan sehingga kepala aki menjadi panas dan akan mempercepat terjadinya jamur.

Baca Juga:  Soal Bantuan Anak Yatim Akibat Covid-19, Ini Kata Dinsos Jabar

Cara membersihkannya cukup mudah, hanya perlu menggunakan air panas untuk disiramkan secukupnya di area kepala aki lalu disikat dengan sikat gigi atau sikat berukuran kecil agar menjangkau celah kecil sehingga bersih secara menyeluruh.

Kedua. kepala aki yang longgar – Penyebab Aki jamuran selanjutnya yakni kepala aki yang longgar namun posisi masih menempel di kepala aki.

Baca Juga:  Mengenaskan! Seorang Pria Ditemukan Tewas Terlentang di Atas Batu Sungai Cikundul

Efek dari kepala aki longgar tersebut dapat menimbulkan panas pada kepala aki. Jika aki sudah terlihat berjamur, sebaiknya dibersihkan untuk menghindari kinerja aki yang menurun karena faktor jamur tersebut. (Red)