Begini Cara Mengatasi Alergi Debu Ketika Di Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Seseorang yang alergi debu atau serbuk bunga juga bisa mengalami kambuhnya alergi walau hanya di rumah saja. Hal ini mungkin dialami oleh seseorang akibat beberapa sebab.

Pada saat kamu lebih lama berada di rumah, kamu akan membuka pintu dan jendela lebih sering dan lama dibanding sebelumnya. Situasi ini menyebabkan lebih banyak serbuk sari atau partikel lain yang terbawa angin dan menempel di rumah.

Baca Juga:  Isu Tak Sedap Soal Seleksi Calon Kepala Sekolah, Ini Tanggapan Pemkab Purwakarta

Oleh sebab itu berikut beberapa cara mengatasi alergi debu ketika di rumah yakni:

Pertama. Bersihkan Rumah secara Teratur – Pastikan rumah selalu dalam kondisi bersih secara terus-menerus. Hindari menumpuknya debu pada rak atau bagian-bagian rumah lain baik yang terbuka maupun yang cukup tertutup.

Pastikan juga untuk mencuci handuk, seprai, sarung bantal, serta lap lebih sering ketika kamu mengalami masalah alergi. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan debu yang menempel.

Baca Juga:  Menhub Himbau Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor

Kedua. Cuci Muka – Selain mencuci tangan, mencuci muka juga penting untuk dilakukan pada masa-masa seperti ini. Hal ini terutama untuk membersihkan area sekitar mulut dan hidung dari hal-hal yang bisa menyebabkan alergi.

Kamu juga bisa membersihkan area lubang hidung sembari mencuci muka. Hal ini bisa membersihkan hidung dari sejumlah hal yang mungkin menempel pada bulu hidung dan bisa menyebabkan alergi.

Baca Juga:  Sebanyak 9 Orang Jadi Korban Longsor di Karo, Ini Data Korbannya

Ketiga. Jangan Terlalu Sering Membiarkan Pintu dan Jendela Terbuka – Walaupun sedang berada di rumah terus-menerus, namun kamu sebaiknya tidak membiarkan pintu dan jendela terus terbuka. Buka secukupnya saja dan pastikan untuk menutupnya secara rapat.

Kamu bisa membukanya di pagi hari agar udara segar masuk ke dalam rumah. Namun pastikan untuk menutupnya ketika angin kencang berembus agar tidak ada banyak debu yang masuk. (Red)