Begini Hidup Sehat Ala Rasullulah SAW, Salah Satunya Mengkonsumsi Madu

JABARNEWS | BANDUNG – Hidup sehat ala Rasullulah SAW sangat baik untuk ditiru. Pasalnya, Rasullilah menjadi sandaran utama umat muslim dari segala bidang, termasuk kesehatan hidup.

Dikutip dari Bandungnews.id, sepanjang hidupnya, Rasulullah hanya mengalami sakit dua kali. Pertama, ketika diracuni oleh seorang wanita Yahudi yang menghidangkan makanan kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, menjelang kematiannya.

Berikut beberapa pola hidup sehat ala Rasulullah SAW yakni:

Pertama. Bersiwak di Pagi Hari – Pola hidup sehat ala Rasulullah SAW yang pertama yaki bersiwak di pagi hari. Ketika pagi hari Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga:  Mudik Sambil Jalan Di Pantai Selatan

Organ tubuh tersebut merupakan organ yang berperan penting dalam konsumsi makanan. Bila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.

Kedua. Minum Air dan Madu Pagi Hari – Pagi harinya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membuka menu sarapan pagi dengan segelas air dingin dicampur sesendok madu asli. Khasiatnya luar biasa.

Baca Juga:  Wow! Foya-foyanya Kaum Tajir

Dalam Al Qur’an, madu adalah syifaa (obat) yang diungkapkan dengan nama nakiroh yang menunjukkan arti yang umum dan menyeluruh. Pada dasarnya bisa menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. Dilihat dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.

Ketiga. Konsumsi Minyak Zaitun – Menu Rasulullah biasanya cuka dan minyak zaitun. Selain itu Rasulullah juga mengkonsumsi makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak, di antaranya mencegah kelemahan tulang, demensia di usia tua, menghilangkan sembelit, menghancurkan kolesterol, dan mempercepat pencernaan.

Baca Juga:  LTM NU Adakan Pelatihan Penggerak Masjid

Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin. Hal tersebut bisa kalian coba terapkan sebagai pola hidup sehat ala Rasulullah SAW. (Red)