Corona Serbu Sukamiskin, Sebanyak 51 Napi Koruptor Positif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 51 narapidana koruptor yang sedang menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Sukamiskin Bandung, terpapar Covid-19.

Empat di antara napi koruptor terpapar Covid-19 terpaksa dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Namun, sisanya, diisolasi dalam selnya masing-masing hingga kondisinya kembali pulih.

Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Asep Sutandar, membenarkan Dada Rosada, ikut terpapar. Meski terpapar, mantan Wali Kota Bandung berusia 73 tahun itu tak mengalami gejala paparan.

Baca Juga:  Lagi, Tiga Penghargaan TOP GRC Award 2021 Untuk Bank Bjb

“Beliau kondisinya baik-baik saja,” ujar Asep dilansir dari Tribun, Minggu (7/2/2021).

Asep mengaku tak mengetahui bagaimana puluhan napi itu bisa terpapar Covid-19. Sebab, sejak pandemi Covid-19 terjadi, Lapas Sukamiskin sama sekali tak menerima kunjungan.

“Kami tidak bisa pastikan darimana sumber penularannya. Kunjungan tahanan selama pandemi ini tidak ada,” ucap Asep.

Selain Dada, mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dan mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein, juga disebut-sebut ikut terpapar. Terkait dua nama ini, Asep tak bersedia menjawab

Baca Juga:  Perhatian! Libur Hari Raya Imlek, ASN Dilarang ke Luar Daerah

“Saya tidak bisa sebutkan siapa-siapanya,” ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar mengatakan, ke-51 warga binaan Lapas Sukamiskin Bandung itu diketahui terpapar Covid 19 setelah mereka melakukan pengetesan terhadap 460 orang, narapidana dan petugas, yang ada di lapas tersebut.

Baca Juga:  Tipu Teman, Ibu Dua Anak Ini Dijebloskan Ke Sel

Pengetesan dilakukan setelah sejumlah warga binaan diketahui terpapar korona.

“Yang kena itu dari warga binaan kasus korupsi dan umum, ada petugas juga,” katanya, dilansir dari tribun.

Dari 51 warga binaan yang terpapar korona, mayoritas dari mereka tanpa gejala, kata dia, mereka isolasi di kamarnya masing-masing.

“Di Sukamismin ini kamarnya satu orang satu kamar,” ucap dia. (Red)