Dari Mulai Seblak Hingga Peuyeum, Ini Oleh-oleh Khas Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Terkenal dengan segudang destinasi wisatanya yang menarik, Kota Bandung juga memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera. Bentuknya unik-unik dengan rasa yang menggoyang lidah.

Dari sekian banyak kuliner khas Bandung, ada beberapa yang paling enak dan populer. Dilansir dari beberapa sumber berikut makanan khas Kota Bandung yang harus kalian cicipi saat berkunjung kesana.

Seblak

Ada istilah yang sering terdengar yaitu “Belum ke Bandung jika kamu belum mencoba makan seblak”. Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur.

Baca Juga:  Aktivis 98 Bakal Gelar Rembuk Nasional

Mie Kocok

Mie kocok yang disajikan dengan bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah yang menjadikan rasa mie kocok Bandung begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner tradisional.

Kaldunya juga cukup berasa, sementara isiannya, seperti mie kuning gepeng, potongan kikil dan sumsum, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa, membuat kalian ingin terus nambah dan nambah.

Surabi

Surabi menjadi salah satu camilan paling ngehits di Bandung. Surabi memiliki Beragam rasa, topping dan tampilan yang imut menjadi alasan mengapa jajanan tradisional ini banyak diburu para pendatang dan kaum urban Bandung.

Baca Juga:  Oded: Manfaatkan Koperasi Syariah Dalam Berwirausaha

Bandros

Salah satu camilan tradisional kota Bandung yang paling diminati adalah bandros. Kue dari campuran tepung beras dan santan ini berbentuk seperti pukis dengan rasa gurih. Ada taburan gula pasir untuk menambah cita rasa.

Apalagi kini variannya sudah beragam, rasa ditawarkan, mulai dari green tea, keju, coklat hingga beberapa merek coklat kenamaan. Hal tersebut membuat camilan ini makin diminati dan diburu oleh para pecinta kuliner tradisional.

Colenak

Tidak sedikit yang mengenalnya sebagai tape bakar, namun apa pun itu kualitas rasanya sudah mendunia. Bayangkan tape singkong yang dibakar dan dicocol pada gula merah yang dipanaskan bersama parutan kelapa. selain dinikmati langsung di tempat colenak juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca Juga:  Sering Cekcok, Sepasang Kekasih di Tasikmalaya Ditemukan Tewas dalam Kontrakan

Peuyeum

Inilah salah satu makanan khas Bandung yang begitu identik dengan Kota Kembang. Bukan sekadar tape singkong, peuyeum merupakan tape dengan kadar air yang jauh lebih sedikit, yang membuatnya bisa bertahan jauh lebih lama.

Peuyeum bisa menjadi makanan yang disantap langsung, atau menjadi bahan dasar untuk olahan camilan kesukaan kamu. Banyak tempat untuk bisa mendapatkan peuyeum, untuk dijadikan oleh-oleh untuk orang yang kita sayang.

Penulis: Muhammad Amaludin