Gempa Bumi Kekuatan Magnitudo 2.9 Guncang Aceh

JABARNEWS | ACEH – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 2,9 mengguncang Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Selasa (13/4/2021) pukul 21.18 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episentrum terletak pada titik koordinat 4.56 LU dan 96.42 BT pada jarak 28 km Timur laut Kabupaten Nagan Raya di kedalaman 2 km tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Bawa Sabu, Perempuan Belia Ini Diamankan Polisi

Sampai malam, BMKG tidak ada merilis gempa bumi susulan (aftershock). Gempa itu berpusat di darat tidak berpotensi tsunami.

Seorang pejabat di Provinsi Aceh, Sumawardi mengaku tidak ada masyarakat Nagan Raya yang merasakan guncangan disebabkan gempa bumi magnitudo 2,9. Tapi dia mengakui menerima laporan sering terjadi gempa di beberapa kabupaten di Aceh.

Baca Juga:  Dana Desa Pun Dikorupsi, Kuwu Cipanas Kabupaten Cirebon Ditahan Kejaksaan

“Tidak dirasakan masyarakat adanya guncangan, tapi dalam beberapa bulan ini sering terjadi gempa bumi di Aceh,” ucapnya.

Ia berharap, tidak terjadi gempa lebih besar, di himbaunya masyarakat agar tidak terpancing isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan terkait terjadinya gempa bumi di Aceh.

Baca Juga:  Mulai 2020, Gaji Perangkat Desa Setara PNS Golongan IIA

“Terkait isu gempa, masyarakat agar waspada dan tidak terpancing isu yang tidak benar, sebab keakuratan informasi gempa bumi hanya ada pada BMKG,” bilangnya. (Ptr)