Genjot Bumdes, Rini Resmikan BUMN Shop

JABARNEWS | KAB. SUKABUMI – Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan BUMN Shop di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Terus Jaya Sehati di Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Rini menyebut BUMN Shop merupakan hasil perpaduan program yang ada di kementeriannya dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang memiliki layanan Bumdes alokasi Dana Desa (DD).

“Kami bekerja sama dengan Kementerian Desa. Kami melihat bagaimana sih kami bikin program karena presiden Joko Widodo menekankan terus, Dana Desa sudah semakin banyak dianggarkan oleh APBN tetapi yang utama bagaimana caranya DD ini betul-betul berputar di desa dan dimanfaatkan untuk masyarakat desa jadi bukan DD kemudian semuanya kembali ke kota karena apa-apa beli di kota” kata Rini kepada awak media, dikutip detikcom, Rabu (26/12/2018).

Baca Juga:  Bagas Adhadirga Nyatakan Kesiapannya Hadapi Munas HIPMI

Melalui pemikiran tersebut, Rini kemudian berupaya membuat sebuah toko yang segala kebutuhan masyarakat desa bisa dibeli dengan harga terjangkau dan juga mendapat dukungan dari BUMN untuk produk yang berkualitas dari perusahaan milik pemerintah.

“Tidak sebatas ketersediaan produk tapi juga pemikiran jangka panjang, bagaimana bisa menambah lapangan pekerjaan, menciptakan aktivitas produktif di tengah masyarakat. Contoh kecil saja masyarakat desa banyak pakai motor, daripada beli bensin jauh-jauh kita hadirkan Pertashop milik Pertamina harganya sama seperti di SPBU,” lanjut dia.

Baca Juga:  GGW Kritisi Kasus Suap Di BKD Garut

Rini juga menjelaskan BUMN Shop sendiri merupakan transformasi dari Bumdes Shop yang sudah lebih dulu ada. Setelah terlibatnya Kementerian BUMN, Bumdes akhirnya memiliki produk tidak hanya hasil olahan lokal warga setempat juga produk-produk milik perusahaan BUMN seperti obat-obatan dari Kimia Farma, Bulog untuk daging dan beras, Pertamina dan pupuk serta produk lainnya.

“Masyarakat juga bisa menikmati layanan telekomunikasi dan internet dari PT Telkom Indonesia disediakan Wifi Corner untuk masyarakat desa. Selain itu ada juga layanan simpan pinjam dari BNI, intinya apa-apa saja kekuatan produk-produk di pedesaan yang bisa jadi unggulan kita ada selain itu masyarakat bisa nabung, narik uang tanpa harus pergi ke kota ini jelas lebih ekonomis menurukan biaya pengeluaran masyarakat di desa-desa,” beber Rini.

Baca Juga:  Ini Harapan Dedie A Rachim Soal Pelonggaran Aktivitas Ekonomi di Kota Bogor

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya Deden Gunaefi menambahkan layanan BUMN masuk desa ini sangat membantu warganya.

“Saya yakin setelah bekerja sama dengan BUMN Shop, perekonomian warga akan lebih bergairah ada obat- obatan dari Kimia Farma, bensin harga sama dengan SPBU. Masyarakat saya yakin terbantu ditambah dulu enggak ada pupuk sekarang di-support BUMN Shop jadi ada, beras murah daging juga tersedia tanpa harus jauh-jauh ke kota ini tentu lebih ekonomis. Intinya harga-harga juga di bawah pasaran,” ungkapnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat