Ini Bahayanya Jika Wanita Merokok, Salah Satunya Sebabkan Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Selama ini kebiasaan merokok identik dengan kaum pria. Namun, seiring perkembangan zaman dan pergaulan, kini tak jarang wanita juga merokok.

Sebagaimana kalian ketahui, rokok memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan. Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok yakni:

Pertama. Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah keganasan yang terjadi pada sel di leher rahim. Kanker ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita dan disebabkan oleh infeksi virus HPV, terutama tipe 16 dan 18.

Baca Juga:  Aries Supriatna Ajak Warga Kota Bandung Hidup Sehat

Wanita yang merokok akan memiliki risiko kanker serviks lebih tinggi, karena produk tembakau tersebut dapat mempercepat terjadinya proses keganasan. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Bagikan Aplikasi Cegah Terjadinya KKN

Kedua. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah – Resiko wanita merokok yang lainnya adalah rentan mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

Disebutkan bahwa wanita yang merokok enam kali atau lebih berisiko mengalami serangan jantung dibandingkan wanita yang tidak merokok. Hal ini disebabkan karena rokok dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan trombosit, sehingga menimbulkan gangguan pada aliran pembuluh darah.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor

Ketiga. Gangguan Menstruasi – Bahaya rokok bagi wanita yang selanjutnya yakni dapat mengganggu menstruasi rokok Wanita yang merokok akan mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS) yang lebih berat.

Selain itu, kram perut (dismenore) yang dirasakan saat menstruasi pun akan lebih parah dan dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. (Red)