Ini Yang Terjadi Jika Malas Mencuci Botol Air Minum

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa orang jarang mencuci botol air minum. Entah karena malas atau karena merasa baik-baik saja dengan botol yang tidak dicuci berhari-hari. Tahukah Anda jika botol minum tidak dicuci setiap hari dapat menjadi sarang bakteri yang nantinya membuat sakit?

Seorang dokter dari Northwell Health, Robert Glatter mengungkapkan bahwa botol air minum dapat menjadi sarang bakteri yang akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

“Botol air minum itu lingkungannya lembap ya, jadi amat mungkin bagi bakteri untuk hadir dan berkembang di sana. Mungkin bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare,” ujar Robert Glatter.

Baca Juga:  Harga Tiket Pesawat Mahal, Ini Penyebabnya dan Solusi dari Pengusaha

Salah satu bakteri yang sering hinggap di botol air minum yang jarang dicuci adalah E.coli. Menurut Robert, bakteri ini dapat menyebabkan gastroenteritis atau infeksi usus.

Pakar kesehatan menyarankan agar botol air minum dicuci setiap hari. Mencuci botol air minum dapat menggunakan sabun cuci piring dan spons khusus untuk botol. Cara ini sangat efektif untuk membuat botol minum jauh dari bakteri yang membuat sakit seperti disampaikan teknisi pembersih rumah bersertifikat, Smallin Kuper.

Baca Juga:  Dadang Kurniawan: Pembangunan Ekonomi Harus Jadi Skala Prioritas

Jika bagian dalam botol minum agak berlendir dan bau, bisa dengan menambahkan 3 persen hidrogen peroksida.

“Setelah mencuci seluruh bagian dengan sabun dan membilasnya, kemudian tuangkan sekitar 1/4 cangkir hidrogen peroksida ke dalam botol. Lalu tutup. Kemudian kocok, lalu bilas untuk memastikan bahan tersebut sudah tidak ada,” ungkap Kuper.

Bila sulit mendapatkan 3 persen hidrogen peroksida, Anda dapat menggunakan cuka. Caranya cukup mudah, ambil 1/4 cangkir cuka kemudian tambahkan sedikit air lalu biarkan beberapa menit, kemudian bilas.

Baca Juga:  Senin, Warga Pasir Putih Somasi Pemkot Depok

Itulah tadi sedikit ulasan mengapa kita harus sering mencucui botol air minum setiap hari. Selain itu, sangat disarankan untuk menyimpan botol air minum di tempat bersih, sejuk, terhindar dari sinar matahari langsung dan benda-benda berbau tajam. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Health

Jabarnews | Berita Jawa Barat