Inilah Beberapa Destiniasi Menarik Yang Ada Di Garut

JABARNEWS | BANDUNG – Memasuki hari libur, Garut memang memiliki beberapa objek wisata yang cocok dinikmati bersama teman ataupun keluarga.

Keindahan alam serta budaya yang masih sangat kental, membuat daerah yang terkenal dengan dodolnya ini memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Berikut di bawah ini beberapa destinasi liburan di Garut yang cocok untuk keluarga dan mungkin cocok untuk anda, diantaranya:

Kampung Sampireun

Penginapan ini bernuansa perkampungan khas Sunda yang memiliki konsep unik dengan danau di tengah-tengah areal penginapan. Dilengkapi perahu di setiap bungalow, setiap pengunjung memiliki kesempatan melihat ribuan ikan mas yang ada di danau. Anda dan keluarga bisa menikmati hawa yang sejuk dari ketinggian 1.000 mdpl beserta gemericik air, kebun bambu yang asri, dan alunan musik tradisional. Kampung Sampireun berada di Jl. Raya Samarang Kamojang, Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Garut.

Lokasi ini cocok menjadi tempat relaksasi bersama keluarga atau ‘kabur’ sejenak dari kepenatan aktivitas di kota besar. Tersedia 22 bungalow yang berada di pinggir-pinggir danau, dengan harga mulai dari 1 juta per malamnya.

Darajat Pass

Area wisata satu ini masih searah dengan Kampung Sampireun. Darajat Pass adalah tempat rekreasi keluarga dengan fasilitas yang lengkap mulai dari pemandian air panas, kolam renang, perkebunan, penginapan yang mudah dan murah, serta beberapa wahana permainan seru seperti flying fox. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 25 ribu, wisatawan dapat mencoba nikmatnya berendam di air hangat hingga air panas dengan suhu mencapai 45°C.

Baca Juga:  Penyerangan Ustad, Oded Minta Aparat Usut Tuntas

Untuk kolam renangnya, ada bermacam-macam mulai dari kolam renang lengkap dengan wahana air anak, untuk berendam, hingga olahraga renang.

Kebun Binatang Cikembulan

Berlibur bersama anak ke Garut dan mengajak mereka bermain sambil melihat binatang tentu menjadi favoritnya. Taman Satwa Cikembulan berlokasi di Kampung Jati Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut Jawa Barat. Lokasinya berada di sekitar 16 km dari pusat kota atau 10 km sebelah utara Tarogong, arah jalan menuju Bandung.

Memang, koleksi hewannya tidak selengkap kebun binatang di kota-kota besar karena kurang lebih hanya memiliki 214 spesies satwa dan tidak ada hewan-hewan besar seperti gajah dan jerapah, namun kebun binatang ini mempunyai satwa favorit wisatawan yaitu macan tutul jantan.

Baca Juga:  Pengusaha di Majalengka Lebih Memilih Bandara Soetta

Harga tiket masuk tempat wisata ini ramah di kantong, dibanderol dengan harga 20 ribu sampai  25 ribu. Selain itu ada wahana lain seperti naik kuda, bebek air, ATV road, terapi ikan, pemancingan, dan mobil-mobilan kecil untuk anak. Bagi wisatawan yang ingin beristirahat sembari menikmati liburan di Desa Cikembulan, pengelola menyediakan fasilitas penginapan bungalow dan restoran.

Sabda Alam Cipanas

Selain di Darajat Pass, ada tempat berendam air panas lainnya di Garut, yaitu Sabda Alam Cipanas. Anda dapat berendam air hangat yang mengalir dari pegunungan, sembari menikmati panorama pegunungan yang indah. Beban pikiran hilang, tubuh pun bebas pegal. Sabda Alam juga tersedia kolam renang water boom dan taman permainan air panas yang disukai anak-anak.

Tidak hanya berendam air panas, anda dan keluarga juga bisa menikmati fasilitas lain, seperti papan seluncur air, water ball, sampai flying fox. Sabda Alam Cipanas terletak di Jl. Cipanas Nomor 3, Garut. Jam operasionalnya berlangsung dari pukul 07.00 hingga 21.00. Kabarnya, sumber air panas ini mengandung berbagai jenis mineral yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti rematik.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Kirim Delegasi ke Berlin Guna Jalin Kerjasama

Pantai Santolo

Tempat wisata di Garut yang jangan sampai anda lewatkan trakhir adalah Pantai Santolo. Berada di kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, anda perlu menempuh waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota.

Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata karena keindahan pantainya tidak kalah cantik dengan Bali.

Deretan terumbu karang yang menawan menjadi rumah biota laut. Menikmati panorama pantai dan biota laut, merupakan aktivitas yang dapat dilakukan. Tersedia juga penyewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan menantang ombak selatan. Selain itu, wisatawan dapat menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian sederhana namun lezat. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen hingga kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Itulah tadi beberapa destinasi yang mungkin dapat anda kunjungi di Garut. Semoga info destinasi wisata di atas dapat menjadi tempat wisata yang akan anda kunjungi. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Jabarnews | Berita Jawa Barat