Inilah Tiga Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Selain Untuk Kulit

JABARNEWS | BANDUNG – Mengonsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung kadar antioksidan tinggi terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mulai sekarang, sebaiknya Anda juga tak mengabaikan kolagen. Sebab, begitu banyak manfaat kolagen untuk kesehatan.

Zat ini memang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen tubuh melambat. Itulah sebabnya, tubuh membutuhkan bantuan asupan makanan tinggi kolagen.

Oleh sebab itu dilansir dari berbagai sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Polisi Usut Kasus Pengeroyokan Terhadap Pengusaha Rumah Makan di Karawang

Pertama. Meningkatkan Massa Otot – Manfaat kolagen yang pertama yakni meningkatkan massa otot. Dilansir dari National Institutes of Health, penelitian tahun 2019 pada pria yang aktif latihan ketahanan. Kombinasi suplemen peptida kolagen dan latihan kekuatan meningkatkan massa dan kekuatan otot lebih dari sekedar plasebo.

Studi telah menunjukkan bahwa peptida kolagen yang sebagian besar mengandung asam amino non-esensial, meningkatkan massa bebas lemak (FFM) dan kekuatan pada pria sarcopenic (hilangnya kekuatan otot, bagian dari proses penuaan).

Baca Juga:  Nikah Silakan, Tapi Habib Kecam Bila Memaksa Beda Agama

Kedua. Mengatasi Nyeri Sendi – Kolagen mampu menyehatkan tulang, otot, dan sendi. Itu sebabnya, mengkonsumsi makanan yang berkolagen dipercaya bisa mengatasi permasalahan nyeri sendi. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2009. Para peserta penelitian mengkonsumsi suplemen kolagen tipe II yang terbuat dari leher ayam selama 90 hari.

Hasilnya, gejala osteoartritis yang dialami oleh peserta turun hingga 40 persen. Sementara itu, peserta dengan gejala yang parah gejala osteoartritis turun hingga 33 persen.

Baca Juga:  Cristiano Ronaldo Sanjung Juventus

Ketiga. Menyehatkan Sistem Pencernaan – Kolagen itu sendiri berada di jaringan ikat usus dan menguatkan lapisan pelindung saluran cerna Anda. Jika usus kehilangan kolagen, kemungkinan Anda terserang peradangan usus pun semakin tinggi.

Oleh sebab itu, meningkatkan asupan kolagen dapat membantu sistem pencernaan Anda dalam membangun jaringan pelapis saluran cerna dan meningkatkan kesehatan usus. (Red)