Jadi Penyebab Banjir Di Sumedang, Beton Plat Rumah Warga Dibongkar

JABARNEWS | SUMEDANG – Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sumedang terpaksa menjebol beton plat jalan milik warga di atas saluran irigasi di Jalan Pangeran Kornel, Selasa (15/1/2019). Hal itu karena beton tersebut menjadi penyebab banjir di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Mudik Lebaran, Kendaraan Prajurit Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Jalani Pemeriksaan

Kegiatan yang melibatkan unsur dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Polres Sumedang dan Kodim 0610 Sumedang itu, sekaligus melakukan pengerukan lumpur di sepanjang salura irigasi yang menjadi sumber banjir.

“Ini kami lakukan merespon laporan warga yang selalu mengeluhkan banjir,” kata Plt Kepala Dinas PUPR, Bambang Riyanto, seperti dikutip Galamedianews.com.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Sediakan Dana Bencana Rp 50 Miliar, Begini Pengajuannya

Menurutnya, setelah evaluasi di lapangan, ditemukan sumber banjir itu, akibat adanya penyempitan saluran drainase. Penyempitan disebabkan beton plat jalan di depan rumah warga.

“Selain terjadi sedimentasi (Pengendapan lumpur, red), juga akibat adanya beton plat jalan, yang menutup saluran tersebut. Makanya, salah satu upaya yang dilakukan dengan cara pengerukan dan menjebol beton plat jalan tersebut, untuk memudahkan pekerjaan,” katanya.

Baca Juga:  Kunjungan Wisata Meningkat, Satreskrim Ingatkan Jaga Anak-anak

“Kita akan terus upayakan agar di lokasi tersebut tidak lagi terjadi banjir,” lanjutnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat