Jajangkungan Raksasa Jadi Tontonan Warga

JABARNEWS | MAJALENGKA – Jajangkungan atau engrang raksasa menjadi tontonan warga Desa Andir Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Biasanya engrang atau ada yang menyebutnya babangoan ini hanya untuk permainan anak-anak, dan biasanya ukuran standar, dengan ketinggian rata-rata satu meter (atau kurang) dari telapak kaki untuk menginjaknya.

Namun tidak demikian halnya yang terjadi dalam sebuah acara hajatan yang digelar salah seorang warga di Dusun Manis Desa Andir tersebut. ‎Tentu saja, warga desa merasa terhibur. Selain itu juga ada hiburan singa burok.

Baca Juga:  Pengrajin Patung Mini di Desa Cibeusi Sumedang yang Karyanya Sudah Mendunia

Salah seorang warga, Hasan mengatakan pihaknya merasa tertarik untuk menyaksikan jajangkungan raksasa, sepengetahuannya permainan babangoan yang pernah dialami sewaktu kecil itu, belum pernah setinggi itu. Sehingga pihaknya merasa penasaran sekaligus takjub.

Baca Juga:  Pemerintah Ambil Alih Yayasan Mantan Presiden Soeharto, Ini Kata DPP Perisai Berkarya

“Itu tinggi banget. Saya memang bisa naik babangoan/jajangkungan tapi yang ukuran standar. Kalau ini ukuran raksasa, tingginya juga lebih dari tiga meter.” ungkapnya, Minggu (8/7/2018).

Karena banyaknya warga yang menonton, maka petugas kepolisian pun terlihat mengatur arus lalu lintas. Kapolsek Jatiwangi, Kompol Asep Saepudin mengatakan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama karena adanya hiburan yang mengundang tontonan warga, pihaknya harus stand by.

Baca Juga:  Wagub Uu Pastikan Para Korban Bencana Palu Asal Jabar Segera Dipulangkan

“Sebagian mengatur arus lalu lintas. Hiburan ini menarik, makanya banyak warga yang melihat. Dan untuk mencegah kemacetan, maka personel dibagi tugas,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat