Jangan Biarkan Lansia Mengemudikan Kendaraan Jika Muncul 5 Tanda Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Tak dapat dipungkiri lagi bahwa di zaman sekarang ini hampir semua kalangan usia sudah mahir membawa kendaraan, tak terkecuali dengan orang-orang yang berusia lanjut. Dengan alasan masih merasa sehat dan bugar, banyak orang tua yang tetap bersikeras untuk mengendarai kendaraan sendiri. Bahkan ketika kemampuannya sudah tidak sama lagi seperti ia muda. Lantas, apa tanda-tanda kalau kemampuan lansia mengemudi kendaraan sudah mulai menurun?

Berikut di bawah ini adalah 5 tanda sudah bukan waktunya lagi bagi lansia mengemudi kendaraan, di antaranya:

1. Memiliki Masalah Penglihatan

Tidak menutup kemungkinan, gangguan penglihatan lansia semakin buruk, entah itu karena penuaan atau munculnya penyakit mata seperti katarak dan glaukoma. Padahal, kemampuan penglihatan yang baik sangat dibutuhkan dalam berkendara. Misalnya untuk membaca speedometer hingga memperkirakan celah antara kendaraan satu dan lainnya.

Maka itu, ketika kemampuan melihat lansia telah mengalami penurunan, tentunya akan membahayakan diri lansia dan orang lain. Pastikan, Anda rutin melakukan pemeriksaan mata teratur, serta konsultasikan segera dengan dokter mata saat merasa adanya keluhan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penglihatan Anda.

Baca Juga:  Dispora Kota Bandung Gelar Seminar Peranan Estetik Mozaik Dalam Penataan Ruang Publik dan Lingkungan di Perkotaan

2. Memiliki Masalah Kesehatan Yang Bisa Memengaruhi Cara Membawa Kendaraan

Seiring bertambahnya usia, tidak menutup kemungkinan akan muncul berbagai masalah kesehatan yang menyerang tubuh lansia. Umumnya, keluhan seperti rasa sakit atau kaku di sekitar leher, nyeri kaki, hingga berkurangnya kekuatan lengan.

Mungkin terlihat sepele, tapi hal-hal inilah yang akan membuat kesulitan saat lansia mengemudi kendaraan nantinya. Jika Anda masih tetap yakin mampu untuk menyetir sendiri, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin terlebih dahulu lalu komunikasikan dengan dokter mengenai keadaan fisik tubuh Anda.

3. Tersesat Di Daerah Yang Sering Dilewati

Sudah sering mengunjungi supermarket, rumah kerabat, atau bahkan apotek terdekat dari rumah. Namun tiba-tiba, Anda justru meraba-raba untuk mengingat kembali rute mencapai tempat-tempat tersebut.

Ini bisa saja dikarenakan Anda sudah mulai mengalami penurunan ingatan, atau bahkan menjadi tanda munculnya penyakit yang lebih serius, misalnya alzheimer dan demensia.

Baca Juga:  Kekurangan Tenaga Penyuluh, Kabupaten Karawang Kesulitan Atasi Masalah Pengembangan Sekor Perikanan

Jika ini terjadi, ada baiknya minta seseorang untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuannya atau cari alternatif transportasi umum yang mudah digunakan.

4. Kebingungan Dengan Rambu-Rambu Lalu Lintas

Banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat sang pengemudi lalai dalam membaca aturan rambu-rambu lalu lintas. Sesekali, coba minta seseorang untuk memantau Anda saat mengemudi mobil atau motor tanpa Anda ketahui waktunya, dan minta orang tersebut memerhatikan apakah Anda mematuhi semua aturan dalam berkendara, misalnya berhenti saat lampu hijau, atau justru tetap melaju meski sedang lampu merah.

Pasalnya, perilaku tak terduga seperti ini bisa sangat membahayakan keselamatan lansia dan pengguna jalan lainnya. Coba ingat-ingat kembali apakah Anda sering mendengarkan musik terlalu keras, menelepon, berkirim pesan singkat, atau makan selama mengendarai kendaraan, yang tentunya bisa mengganggu konsentrasi dalam berlalu lintas.

Bila sadar kemampuan mengemudi Anda masih kurang baik, sebaiknya pertimbangkan untuk tidak menyetir kendaraan seorang diri.

Baca Juga:  Pamitan, Pangdam III/Siliwangi Menahan Tangis

5. Kemampuan Mengemudi Berubah

Ajak keluarga untuk pergi bersama dengan Anda, dan minta mereka untuk menilai kemampuan Anda dalam mengemudi. Mungkin beberapa tahun sebelumnya, mereka masih merasa nyaman dan tidak khawatir melihat Anda membawa kendaraan sendiri.

Namun, jika saat ini berubah, bahkan Anda justru merasa respon tubuh cenderung lebih lambat terhadap situasi yang tidak terduga di jalan, misalnya kendaraan lain yang muncul tiba-tiba, pejalan kaki yang menyebrang jalan, maupun kendaraan lain yang mengerem secara mendadak. Itu artinya, kemampuan Anda dalam mengemudi sudah mulai menurun. Hal-hal inilah yang harus dipikirkan lagi jika ingin terus mengemudi kendaraan sendiri.

Itulah tadi tanda-tanda dari kemampuan lansia dalam mengemudi kendaraan sudah mulai menurun. Semoga informasi di atas dapat berrguna dan bermanfaat dan berguna untuk Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat