Kalian Punya Rasa Trauma Yang Berlebih? Atasi Dengan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Cara mengatasi  trauma psikologis mungkin perlu dikenali setiap orang. Setiap orang tentunya pernah mengalami kejadian pahit yang menyebabkan trauma dalam hidup. Pengalaman tersebut ada yang dapat membaik dengan sendirinya, ada pula yang menetap hingga waktu lama.

Jika dibiarkan, trauma dapat mengganggu kehidupan. Apalagi jika pengalaman buruk yang kamu alami berdampak pada trauma psikis berkepanjangan (post-traumatic stress disorder atau PTSD). Kondisi ini tentunya harus segera ditangani.

Baca Juga:  Ini Jawaban Sudrajat Syaikhu Soal Kaos #2019GantiPresiden

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara untuk mengatasi trauma yakni: 

Pertama. Terapi dengan Psikolog atau Psikiater – Cara menghilangkan trauma memang bisa berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya. Salah satu caranya yakni dengan datang ke psikiater.

Namun, jika trauma sudah menjadi post-traumatic stress disorder, terapi utamanya adalah psikoterapi. Selain itu, ada kalanya pemberian obat dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

Baca Juga:  Soal 97.000 PNS Misterius, BKN Harus Jelaskan ke Masyarakat!

Kedua. Relaksasi – Cara kedua untuk mengatasi trauma yakni dengan cara relaksasi. Anda bisa mencoba untuk bermeditasi dan melakukan peregangan sebagai cara mengatasi trauma. 

Caranya kalian dapat memusatkan konsentrasi, pikiran, dan perasaan kepada hal-hal positif serta menumbuhkan semangat. Pikirkan peristiwa-peristiwa atau hal yang membuat bahagia.

Baca Juga:  Masuk PPKM Level 3, Kota Bogor Mulai Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Ketiga. Bersikap Lebih Terbuka – Trauma masa lalu terkadang berupa peristiwa memalukan yang tidak mau dibagi kepada orang lain. Namun, semakin Anda menyimpannya rapat-rapat, makin parah pula dampak trauma.

Untuk itu, cobalah untuk mengakui kesalahan, memaafkan diri sendiri, serta menumbuhkan lagi kepercayaan diri. Mencurahkan pikiran dan perasaan kepada orang dengan pengalaman serupa dapat menguatkan diri. (Red)