Kasus Covid-19 Turun, 5 Kecamatan di Purwakarta Ini Masih Zona Merah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jumlah Kecamatan berstatus zona hijau penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terus bertambah. Hal tersebut membuktikan bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta berangsur pulih.

“Alhamdulillah. Kabar baik, kasus Covid-19 di Kabupaten Purwakarta terus menurun. Saat ini saja, kecamatan yang masuk zona hijau terus bertambah,” ucap Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana, saat dihubungi melalui telepon, Jumat (3/9/2021).

Pada akhir Agustus lalu, Iyus menyebut, kecamatan yang zona hijau hanya satu Kecamatan yakin Kecamatan Maniis. Kini, bertambah jadi tiga kecamatan.

Baca Juga:  Polisi Terus Tekan Peredaran Narkoba

“Seperti data di tanggal 2 September 2021 kemarin, kecamatan yang masuk zona hijau ada tiga. Yakni, Kecamatan Cibatu, Kiarapedes dan Maniis. Alhamdulillah, ini kabar baik bagi semua,” ungkap Iyus.

Untuk zona kuning, kata dia, ada empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Sukasari, Bojong, Campaka, dan Pondoksalam.

Kemudian, tambah Iyus, untuk zona oranye ada lima. Yakni, Kecamatan Wanayasa, Pasawahan, Babakancikao, Plered, dan Tegalwaru.

“Sedangkan zona merah masih ada lima kecamatan. Yang masuk kategori zona merah itu adalah Kecamatan Bungursari, Purwakarta, Jatiluhur, Sukatani, dan Darangdan,” tutur pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta itu.

Baca Juga:  Kapolda Sumut: Vaksin Habis, Segera Laporkan ke Kapolres!

Menurutnya, penurunan kasus ini juga diwarnai tingkat kesembuhan kasus (case recovery rate) yang mencapai 94,49 persen.

“Saat ini jumlah pasien yang masih aktif dan dirawat saat ini sebanyak 102 orang atau turun 10 orang dari 1 September 2021 lalu,” ungkap Iyus.

Sedangkan, lanjut dia, yang suspek dan masih dirawat saat ini sebanyak 62 orang. Adapun yang kontak erat dan aktif tinggal 314 orang atau turun 40 orang dari hari sebelumnya.

Baca Juga:  Bunyikan Klakson Hingga Teriak-teriak, Provokator Mudik Ini Ditangkap

“Adapun yang sembuh, dari selama pandemi totalnya mencapai 11.550 orang. Jumlah tersebut meningkat 10 orang dari hari sebelumnya,” bebernya.

Ia menambahkan, saat ini Kabupaten Purwakarta memiliki angka Bed Occupancy Rate (BOR) juga mengalami penurunan, berada di 13,3 persen.

“BOR kita kini sudah 13,3 persen, artinya sudah turun terus dan mudah-mudahan kurvanya akan turun juga dan kini Purwakarta berada di zona kuning atau resiko rendah. Hal ini membuktikan adanya progres untuk menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta,” pungkasnya. (Gin)