Kembali Raih Adipura, Emil Bersyukur Warga Bandung Bisa Jaga Lingkungan

JABAR NEWS | BANDUNG – Kota Bandung kembali mendapatkan penghargaan Adipura untuk ke-3 kalinya. Penghargaan serupa sebelumnya juga pernah diraih pada 2015 dan 2016 lalu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan Adipura diterima langsung oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil (Emil) yang diberikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian LHK, Jakarta, Rabu (02/08/2017).

Emil mengatakan diraih prestasi tersebut tidak terlepas usaha semua lapisan. Baik yang ada di Pemerintah Kota Bandung beserta seluruh masyarakat Kota Bandung yang berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:  KNPI Minta Pemkab Karawang Bentuk Dinas Pemuda dan Olahraga

“Alhamdulillah ini yang ketiga kalinya. Ini semua tidak lepas dari andil semua yang ada di Pemerintah Kota Bandung yang terus berinovasi dalam menyikapi permasalahan lingkungan. Baik para aparat pemerintahan wilayah seperti Camat dan Lurah juga termasuk semua masyarakat yang bersama-sama menjaga lingkungan sekitarnya supaya tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali. Semua ini berkat teamwork bukan hasil kerja keras Walikotanya saja,” Ujarnya, Kamis (03/08/2017).

Baca Juga:  Bank Bjb Kick Off Meeting Penerapan ISO 37001 Sistem Manajemen Suap

Emil mengungkapkan, sudah lebih dari 30 inovasi yang dibuat di Kota Bandung untuk melestarikan lingkungan. Banyak program dan peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Bandung dalam usahanya melawan segala kegiatan yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

“Kita sudah melarang styrofoam yang berdampak secara nasional. Dan yang luar biasa itu kita mempunyai peraturan green building yang mewajibkan bangunan-bangunan hemat energi dan ramah lingkungan, baru kita kasih IMB-nya. Hal tersebut menghemat pengeluaran biaya listrik setiap bulannya,” Katanya.

Baca Juga:  Peduli Sosial, Empat Anggota Polres Cianjur Sisihkan Gaji Untuk Rehab Rumah Warga

Emil menambahkan, Kota Bandung merupakan kota dengan udara yang paling bersih di Indonesia yang patut untuk disyukuri dan dijaga bersama.

“Yang harus di ingat, sekarang Kota Bandung merupakan kota dengan udara terbersih se-Indonesia, itu yang patut kita syukuri ,” imbuhnya.

Peraihan Adipura tersebut merupakan peraihan untuk ketiga kalinya bagi Kota Bandung setelah absen hampir 17 tahun lamanya. Kali ini Bandung meraih adipura untuk kategori Kota Metropolitan. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat