Lelah Atau Cek Kesehatan, Kunjungi Pos PMI

JABARNEWS | SUBANG – Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan pos layanan kesehatan dan ambulans di sejumlah titik untuk membantu pelayanan di masa mudik Lebaran 2018.

Pos pelayanan tersebut terbagi di tiga titik utama, pertama di Subang kota Jalan Tol Cipali KM 102, Subang bagian utara, Jalan Pamanukan dan Ciasem, dan Subang Selatan zona wisata Ciater.

“Kami akan terus siaga membantu dengan membuka pos pelayanan kesehatan dengan dilengkapi ambulans di tiga titik jalur mudik,” kata Ketua KSR PMI Subang Pedro Karta Wijaya saat dihubungi, Minggu (10/6/2018)

Baca Juga:  Pasutri Pengedar Sabu Jaringan Lapas di Jakarta Terancam Hukuman Mati

Pedro menyebutkan bahwa pos layanan kesehatan PMI ini akan melibatkan sebanyak 20 personel yang terdiri dari dokter, perawat, dan sukarelawan yang terampil dalam melakukan pertolongan pertama, untuk membantu kasus-kasus kecelakaan darurat, konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan di jalan raya.

“Iya, PMI tidak hanya akan memberikan pertolongan pertama dalam kasus-kasus kecelakaan darurat, tapi kami juga akan memberikan konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan bagi pemudik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi 8 dan 9 Juni

Selain itu, Pos layanan kesehatan ini juga melibatkan 3 mobil ambulans siaga, selama lebaran dimulai pada H-7 dan H+7 lebaran 2018.

Ia juga mengatakan pos pelayanan kesehatan PMI bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti dinas kesehatan, dinas perhubungan, kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan rumah sakit rujukan untuk membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan medis lanjutan.

Lanjut Pedro, kesiapan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Ketua PMI Pusat HM Yusuf Kalla. Pos PMI berada di beberapa lokasi strategis dan pusat keramaian, seperti jalan raya dan wisata.

Baca Juga:  Seminggu Jelang Pilkada Eti Terus Sosialisasi

Ia juga mengimbau agar para pemudik selalu berhati-hati dan waspada saat mengendarai kendaraan bermotor selama arus mudik yang padat dan rawan kecelakaan.

“Silahkan beristirahat di Pos yang telah disiapkan bersama, yaitu oleh PMI, Dinkes, Polres Subang, Kodim 0605/ Subang, agar para pemudik bisa istirahat dengan aman, nyaman dan gratis,” pungkasnya ( Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat