Mengenal Manfaat Daun Henequen Sebagai Serat Alami

JABARNEWS | BANDUNG – Mungkin nama tumbuhan henequen masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia karena memang tumbuhan yang memiliki nama latin Agave sisalana ini merupakan tanaman asli Amerika namun tumbuh di bagian Amerika yang ber daerah tropis.

Jadi tidak heran jika tanaman ini juga sekarang banyak ditemui di negara-negara tropis namun dengan nama yang berbeda yaitu serat sisal. Ada Banyak Manfaat Dan kegunaan Dari Daun Henequen.

Baca Juga:  Pemulihan Rawa Kalimati dari Limbah B3 Mulai Direncanakan

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat Daun Henequen sebagai Serat Alami yakni:

Pertama. Untuk Dibuat Tali – Salah satu manfaat serat alami adalah untuk dibuat tali. Namun dibandingkan dengan serat tanaman lainnya, tanaman daun henequen merupakan jenis tanaman yang menghasilkan serat terkuat.

Di salah satu pulau di Indonesia, saat ini justru dijadikan pilihan utama untuk tali kapal karena memang kualitas tali yang dihasilkan sangat kuat. Satu lagi yang menjadi alasan mengapa serat dari tanaman henequen sangat digemari oleh nelayan adalah karena seratnya tahan terhadap air asin.

Baca Juga:  Capaian Program Vaksinasi Anak di Karawang Masih Rendah, Ini Kata Dinkes

Kedua. Rompi Anti Peluru – Mungkin sebagian dari Anda tidak mendua bahwa serat sisal atau serat yang dihasilkan dari daun henequen ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama pembuatan rompi anti peluru.

Saat ini pengembangan teknologi lain yang berbahan dasar serat sisal yang terbuat dari daun henequen juga sedang dikembangkan terutama dari segi keamanan.

Baca Juga:  Begini Cara Wali Kota Bandung Ajak Warganya Disiplin

Ketiga. Serat Sisal untuk Dibuat Kertas – Serat sisal yang dihasilkan dari tanaman henequen juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kertas. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang mudah sekali tumbuh bahkan di lahan kritis sekalipun.

Itu artinya serat ini bisa menjadi solusi deforestasi atau penembangan hutan secara besar-besaran untuk pemenuhan kebutuhan kertas. Tentunya hal tersebut sungguh bermanfaat. (Red)