Pasca-Kerusuhan, Polisi Siaga Di Lapas Kesambi

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Kepala Lapas Kelas I Kesambi Cirebon, Heny Yuwono, memastikan kondisi Lapas Kesambi kini dipastikan sudah kondusif.

Kerusuhan yang sempat terjadi Rabu (21/3/2018) siang, itu berhasil ditangani oleh petugas gabungan dari Lapas, Polres Cirebon Kota, Pemkot Cirebon, dan Brimob Detacement C Polda Jabar.

Baca Juga:  Ceramah Ujaran Kebencian, Yahya Waloni Ditangkap Polisi

Heny menjelaskan, kerusuhan bermula saat pihaknya melakukan razia rutin untuk merealisasikan program zero handphone, pungli, dan narkotika (halinar). Namun ada beberapa provokator yang menolak untuk pelarangan telepon genggam di dalam Lapas.

“Mereka protes dan demo karena masalah pelarangan HP saja. Akhirnya ada yang melempar pecahan genteng ke petugas yang lakukan razia,” jelas Heny.

Baca Juga:  PPKM Darurat, 16 Penumpang Bus Antar Provinsi Tujuan Jabar Tak Bawa Persyaratan Lengkap

Pihak lapas yang sudah berkoordinasi dengan Kapolres, Kodim, Brimob, dan Wali Kota Cirebon itu tidak menimbulkan korban dan kerusakan berarti.

Pihaknya juga sudah berbicara dengan napi yang diduga menjadi provokator. Atas pengertian dan hasil musyawarah tersebut, seluruh napi bisa paham dengan pelarangan penggunaan telepon genggam di wilayah Lapas.

Baca Juga:  Piala Dunia 2018: De Gea Yakin Spanyol Juara Lagi

“Kerusakan hanya terlihat di dua CCTV, tidak ada yang lain. Korban juga tidak ada,” tutup Heny. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat