Patroli, Warga Banjar Berbondong-bondong Foto Bareng Siluman

JABARNEWS | BANJAR – Warga Kota Banjar tampak antusias dengan kehadiran Tim Khusus Sigap, Luwes, dan Mantap (Siluman). Ketika Tim Siluman sedang patroli warga berbondong yang meminta foto bareng di Taman Kota, Kota Banjar.

Penampilan gagah Tim Siluman yang mengenakan seragam hitam-hitam lengkap dengan rompi anti peluru, helm baja, dan senjata laras panjang ternyata menarik perhatian masyarakat.

Hal itu terlihat saat tim yang dibentuk Polresta Banjar, pada 3 Agustus 2018 lalu itu, sedang melakukan patroli di Taman Kota Lapang Bakti Banjar. Sejumlah pengunjung Taman Kota tak sungkan meminta foto bersama dengan anggota Tim Siluman yang dikenal garang.

’’Saya dan teman-teman hanya minta foto bersama saja. Apalagi seragamnya cukup serem, setelan hitam-hitam sehingga auranya terlihat gagah dan sangar,” ujar Silfi (21), salah seorang warga yang tengah berkunjung ke Taman Kota.

Baca Juga:  Komunitas Hong, Surganya Kaulinan Heubeul di Bandung

Hal serupa dikatakan Prayitno (39), warga Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Dia mengaku bangga karena di Kota Banjar pun ada tim khusus dari aparat kepolisian untuk menjaga dari gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

’’Kota Depok punya Tim Jaguar, Bandung punya Tim Prabu, dan kini Kota Banjar punya Tim Siluman. Tentunya sebagai warga Banjar saya turut bangga atas terbentuknya Tim Siluman dari Polresta Banjar ini,” kata Prayitno, usai foto bersama.

Saeful (33), warga lainnya, berharap setelah adanya Tim Siluman dari Polresta Banjar, angka kriminalitas di Kota Banjar bisa menurun. Sehingga, masyarakat pun dapat hidup aman, nyaman, dan tertib.

Baca Juga:  Tak Seperti PNRI, Pemkab Belum Mau Apresiasi Gerakan Warkina

Menanggapi respon masyarakat seperti itu, Kapolresta Banjar, AKBP Matrius mengatakan, wajar jika masyarakat ingin berfoto atau selfie bareng dengan anggota Tim Siluman. Sebab, dengan banyaknya warga yang ingin berfoto, itu merupakan suatu bentuk kehormatan bagi Tim Siluman.

’’Masyarakat minta berfoto dengan Tim Siluman, ini suatu kehormatan bagi kami. Berarti polisi dekat dengan masyarakat,” katanya, saat ditemui usai patroli seperti dikutip harapanrakyat.com.

Dibentuknya Tim Siluman ini, kata Matrius, untuk menjaga keamanan dan ketertiban Kota Banjar. Selain itu, juga untuk mencegah ulah gerombolan geng motor dan memburu pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), serta kejahatan jalanan lainnya yang memang meresahkan masyarakat.

Jika pelaku kejahatan melawan saat akan ditangkap, maka dirinya menginstruksikan kepada anggota untuk tembak di tempat. Kapolresta Banjar mengatakan, tim khusus seperti ini di wilayah Hukum Polda Jawa Barat baru ada tiga, yakni di Kota Depok, Bandung, dan Kota Banjar.

Baca Juga:  Pasokan Vaksin Minim, Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya Baru 70 Ribu Orang

’’Tim Khusus dari kepolisian seperti ini di Jawa Barat baru ada tiga, yaitu Tim Jaguar dari Depok, Tim Prabu dari Bandung, dan Tim Siluman dari Kota Banjar,” terangnya.

Dirinya pun bersama Tim Siluman akan terus melakukan patroli selama 24 jam. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Banjar. Tim Siluman dibagi menjadi tiga tim, dan setiap tim beranggotakan 8 personel. Dalam tugasnya, Tim Siluman ini selalu melakukan tindakan preventif. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kejahatan. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat