Pemkab Purwakarta Gelar Galeri Koleksi Wayang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Libur akhir pekan tiba, bagi yang belum memiliki rencana akhir pekan kali ini? Tak ada salahnya jika anda beserta keluarga mengunjungi Galeri Wayang yang berlokasi di Komplek Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

Kenapa tidak, sesuai namanya, beragam koleksi wayang dari berbagai wilayah di nusantara dapat dijumpai di galeri ini. Sebut saja Wayang Cepak dari Cirebon, Wayang Santri yang dikembangkan oleh Ki Entus dari Tegal, Wayang Betawi dari Jakarta, hingga Wayang Klithik dari Surabaya. Ada pula Wayang Kulit Babad Cirebon, Wayang Bambu dan Wayang Suket.

Baca Juga:  444 Ribu Jiwa Di Bandung Masuk Data Warga Miskin

Selain melihat koleksi wayang nusantara, para pengunjung juga dapat mengetahui berbagai sejarah dan informasi lainnya terkait wayang tersebut. Namun, yang paling istimewa, para pengunjung juga akan dibuat takjub dengan tata letak, interior dan layout galeri tersebut.

Misalnya ada sebuah pohon buatan di mana di sekeliling batang pohonnya yang berukuran besar terdapat ratusan topeng wayang. Ada pula partisi berbahan khusus yang didesain sedemikan rupa sehingga menghasilkan relief berupa ornamen yang indah.

Baca Juga:  Kehadiran TMMD Disambut Gembira Peternak Desa Cisaat

Yang juga tak kalah istimewa, di salah satu sudut galeri pengunjung dapat melihat secara langsung keahlian perajin wayang golek asal Purwakarta, Abah Djani, saat membuat  wayang golek. Sementara di sisi lainnya adapula Abah Udju yang piawai membuat suling bambu dan berbagai kerajinan berbahan dasar kayu.

“Membuat wayang golek itu tidak bisa diburu-buru, butuh ketelitian superekstra. Ditambah lagi kan saya juga harus memberikan penjelasan kepada setiap tamu yang datang ke Galeri Wayang terkait sejarah wayang golek di sela saya bekerja,” kata Abah Djani, saat diajak berbincang, belum lama ini.

Baca Juga:  Akhir September Ini, Vaksinasi di Kota Bogor Diyakini Bisa 100 Persen

Salah seorang pengunjung, Arditya Pramono (25), mengaku takjub dengan keindahan Galeri Wayang.

“Indah, bernilai seni tinggi, dan sangat mempesona. Jalan-jalan di Purwakarta memang tidak pernah membosankan. Saya selalu dibuat takjub,” ujar warga Kota Bandung ini.

Diketahui, Galeri Wayang buka mulai Selasa hingga Ahad dan memiliki jam operasional mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat