Pemprov Jabar Sediakan Dana Bencana Rp 50 Miliar, Begini Pengajuannya

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan anggaran dana sebesar Rp50 miliar, khusus untuk perbaikan daerah-daerah di Jawa Barat yang terkena bencana alam. Dana tersebut berasal dari dana tak terduga yang disiapkan Pemprov Jabar.

“Ya, memang itu setiap tahun selalu ada, saya transparasikan pengumumannya jadi Rp 50 miliar itu hasil hitung-hitungan setiap tahun, yah kurang lebih tidak jauh dari angka itu,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jumat (16/11/2018).

Baca Juga:  Polresta Tasikmalaya Gencarkan Razia saat Ramadhan, Pasangan Mesum Diamankan

Emil sapaan akranya mengimbau agar para kepala desa dan lurah yang terdampak bencana agar segera berkoordinasi dengan kepala daerah masing-masing. Hal itu untuk mengajukan dana perbaikan tersebut ke pemerintah provinsi melalui sekretaris daerah.

Baca Juga:  Di Hegarmah Oded Diminta Timbangan Modern

“Nanti secepatnya diverifikasi dan langsung diperbaiki kalau ada jembatan putus, jembatan hilang, rumah yang longsor, rumah kena banjir yang memang harus diperbaiki ulang dan sarana-sarana infrastruktur. Itu harusnya bisa kota perbaiki dari anggaran itu,” jelas Emil.

Emil mengungkapkan, tidak ada batasan jumlah dana yang diajukan. Selama dana yang diajukan masuk akal dan merata penyalurannya. Yang terpenting, dana tersebut harus bisa cukup sampai dengan akhir Desember.

Baca Juga:  Tunggu 9 Tahun, Guru Jabar Raih Penghargaan Nasional

Untuk proses pengajuannya, lanjut Emil, menjelaskan cukup dengan selembar surat. “Surat saja selembar, surat saja kan tidak mungkin kita membelanjakan kalau yang terdampaknya tidak mengajukan,” pungkas Emil. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

=