Pengadilan Agama Ciamis Luncurkan Aplikasi Siliwangi 4.0

JABARNEWS | CIAMIS – Pengadilan Agama Kelas 1A Kabupaten Ciamis telah meluncurkan aplikasi Siliwangi 4.0 (sistem informasi litigasi whatsapp terintregasi) dengan sistem informasi layanan publik berbasis teknologi informasi untuk memudahkan para pencari keadilan dalam mengakses pelayanan publik di Pengadilan Agama Kabupaten Ciamis.

Aplikasi tersebut merupakan lanjutan aplikasi notifikasi perkara yang selama ini diandalkan sebagai informasi kepada para pihak, namun notifikasi yang berbasis sms tersebut sudah diambil alih oleh Mahkamah Agung RI.

Baca Juga:  Ratusan Ojol Dan Mata Elang Terlibat Betrok, Diduga Ini Penyebabnya

“Kehadiran aplikasi Siliwangi 4.0 ini viturnya lebih bagus, akurat dan cepat dalam memberikan informasi pelayanan kepada masyarakat dan pengelola Pengadilan Agama Ciamis,” katanya Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Ciamis, Drs. H. Anang Permana, SH, MH di Aula Setda Kabupaten Ciamis, Kamis Siang (31/10/2019).

Menurutnya, masyarakat yang berperkara di Pengadilan bisa meminta informasi tentang perkara yang dilaksanakan, mulai dari informasi sidang, informasi perkembangan perkara, informasi biaya perkara, informasi putusan perkara dan informasi akta perkara.

Baca Juga:  Komisi V DPRD Soroti PPDB 2019

“Jadi masyarakat tinggal tekan tombol sekian, dan informasi langsung bisa diterima oleh masyarakat,” tutur H. Anang.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut juga bisa memudahkan kepentingan pimpinan, karena melalui aplikasi tersebut bisa mengawasi perjalanan perkara, dan langsung terkoneksi dengan sistem informasi di Mahkamah Agung RI, sehingga proses kinerja bisa lebih terkontrol.

Baca Juga:  PP KAMMI Kerahkan 10.000 Kader Kawal Pilkada Serentak

Aplikasi Siliwangi 4.0 sudah berjalan dan dapat digunakan masyarakat, ketika mendaftar perkara, nomor whatsapp yang bersangkutan langsung terkoneksi dengan Pengadilan Agama.

“Aplikasi Siliwangi 4.0 yang terinspirasi dari Tokoh Masyarakat Pasundan, paling tidak semangat Prabu Siliwangi dalam melaksanakan tugas sehari-hari bisa menjadi pedoman bagi kita semua,” ucapnya. (CR1)