Rawan Macet, Pemudik Diprediksi Padati Jalur Kalimalang Bekasi

JABARNEWS | BEKASI – Koridor Kalimalang Kota Bekasi jadi favorit pemudik bersepeda motor yang melintas dari Jakarta menuju Pantura. Tak heran jika sejumlah potensi kemacetan dikhawatirkan terjadi di kawasan itu. Adanya aktivitas pembangunan infrastruktur lanjutan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di jalur Kalimalang makin menambah potensi macet.

“DDinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, akan memfokuskan penanganan arus lalu lintas mudik Lebaran 2018 di Jalan KH Noer Alie Kalimalang. Dari empat koridor mudik di Kota Bekasi, jalur Kalimalang menjadi fokus perhatian utama petugas di lapangan,” kata Kadishub Kota Bekasi, Yayan Yuliana di Bekasi, dikutip Republika dari Antara, Minggu (3/6/2018).

Baca Juga:  Padati Depan Istana, Ini Maklumat Tuntutan Buruh

Dikatakannya, berdasarkan pemetaan awal, ada tiga titik yang dikhawatirkan akan menjadi pusat kepadatan kendaraan di koridor Kalimalang. Tiga titik tersebut, yakni simpang Sumber Arta yang merupakan perbatasan Kota Bekasi dengan Jakarta Timur serta simpang Caman juga Galaxy yang masih ada pekerjaan tiang tol Becakayu.

Baca Juga:  Dalam Sebulan Polresta Depok Tangkap 25 Tersangka dari 17 Kasus Kejahatan

“Selepas ruas Kamala Lagoon, baru lepas hambatan dan tidak ada kendala hingga ke perbatasan dengan Kabupaten Bekasi melalui Jalan M Hasibuan-Jalan Chairil Anwar,” katanya.

Dalam situasi arus mudik yang dikategorikan normal, kata Yayan, pergerakan kendaraan berlangsung sama seperti hari-hari biasa. Pada beberapa ruas bisa dilintasi dua jalur dan sebagian ruas memanfaatkan jalur sisi Kalimalang.

Baca Juga:  Mantan Pelatih Persib dan Persija Dideportasi ke Moldova, Ini Alasannya

Namun, dalam kondisi kepadatan kendaraan tinggi, Dishub Kota Bekasi tidak menutup kemungkinan diberlakukannya kebijakan lawan arus atau buka tutup.

“Hal yang pasti fokus utama kami memastikan arus mudik bisa lancar. Kekuatan personel akan difokuskan di koridor Kalimalang karena butuh pengamanan ekstra,” katanya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat