Satgas Citarum Harum Resmikan Penanggulangan Sampah Domestik

JABARNEWS | BANDUNG – Sektor 7 Satgas Citarum Harum yang berkedudukan di Sangkanhurip Kecamatan Katapang, Kabupateb Bandung menggelar Launching Penanggulangan Sampah Domesik. Tujuannya, untuk menyukseskan Program Citarum harum yang sedang berjalan sampai saat ini.

Kegiatan tersebut digelar atas kerjasama antara Satgas Citarum Harum Sektor 7 di bawah pimpinan Kolonel Kav. Purwadi dengan PT Hanadinata Abadi Tbk dengan membuat Bank sampah di empat titik Citarum untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengonversi sampah rumah tangga menjadi bahan bermanfaat dan menghasilkan secara efesien serta ekonomis yang akan dikelola anggota Sektor 7 Satgas Citarum Harum.

Baca Juga:  Tak Rasakan Efek Samping, Lansia Ajak Warga Ikut Vaksinasi Covid-19

“Dulunya Taman Citarum Harum di Desa Sangkanhurip penuh dengan sampah karena banyak warga yang membuang Sampah ke sungai. Namun dengan adanya taman bermain seperti ini, warga bisa merasakan manfaat ketika memiliki lingkungan yang bersih,” kata Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi di Taman Citarum Harum, Sabtu (24/11/208).

Dengan adanya Bank sampah ini, kata dia, masyarakat yang tinggal di sekitar taman Citarum harum akan sangat terbantu, sebab mereka menjadi tahu manfaat langsung bisa memilah sampah dengan baik.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Teritorial (Aster) Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto yang mewakili Pangdam III/Siliwangi.

Baca Juga:  Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Berhenti Memakai Sepatu High Heels

Dalam amanatnya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, sebagai Wadansatgas Citarum Harum Yang dibacakan Aster menyampaikan pengelolaan sampah domestik merupakan salah satu upaya yang dapat mempercepat pemulihan Sungai Citarum.

Pangdam III/Siliwangi juga mengharapkan, launching Penanggulangan Sampah Domestik yang dicanangkan hari ini, dapat menjadi salah satu pemicu dalam upaya membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan. Yakni mengelola sampah domestik sehingga memiliki nilai ekonomi dan dapat bermanfaaat bagi seluruh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Sektor 7 Citarum Harum.

Di samping itu, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk Sandra Sunanto menjelaskan, sebagai perusahaan yang besar dan berkembang di Jawa Barat, Hartadinata Abadi merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum.

Baca Juga:  Jorok, Namun Inilah 4 Fakta Menariknya Soal Ngupil

“Salah satu cara yang bisa perusahaan lakukan yaki membangun Bank Sampak di Sektor 7 Taman Citarum Harum Sangkanhurip. Selain mengedukasi masyarakat tentang cara pengolahan sampah rumah tangga secara utuh dan lengkap, harapannya Bank Sampah ini bisa mengubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya membuang sampah tanpa memilah, menjadi memilah sampah terlebih dahulu karena memiliki nilai ekonomis ” kata Sandra. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat