Tak Punya Kursi, Siswa SDN RA Kartini Subang Terpaksa Lesehan

JABARNEWS| SUBANG – Puluhan siswa SDN RA Kartini di Kampung Trungtum Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara, terpaksa belajar dilantai alias duduk lesehan.

“Benar, sudah tiga tahun terakhir para siswa kami terpaksa belajarnya sambil lesehan, karena gak punya kursi dan bangku,” ujar Kepala Sekolah SDN RA Kartini Desa Patimban, Nadi Tusnadi, Jumat (6/4/208).

Menurut Nadi, ada dua kelas yang sama sekali tidak memiliki kursi dan bangku, yakni Kelas IV dan kelas V.

Baca Juga:  Beribadah Sambil menikmati Keindahan Masjid Sebagai Destinasi Wisata Religi Aceh

Selain minimnya sarana dan prasarana belajar, kata Nadi, sejumlah fasilitas lainnya juga mengalami kerusakan, seperti ruang guru, ruang kepala sekolah, dan kamar mandi atau WC.

“WC sekolah juga enggak ada, soalnya bangunan lama kondisinya rusak, gak bisa dipakai, “tuturnya.

Baca Juga:  Pilkades Purwakarta: Ada 52 Calon Kades di Kecamatan Darangdan, Ini Daftarnya

Nadi mengaku, sudah berkali-kali mengajukan bantuan sarana dan prasarana, termasuk pengadaan kursi dan bangku, kepada Pemkab Subang melalui Bagian Sarpras UPTD Dinas Pendidikan setempat.

“Tapi enggak direspon, sampai sekarang gak ada realisasinya, padahal sudah sejak tiga tahun lalu ngajuin bantuan, bahkan tiap tahun kami ngusulin ke UPTD. Kami berharap, pemerintah memperhatikan kondisi yang dialami sekolah dan siswa-siswa kami,” ucap Nadi.

Baca Juga:  Waduh! Belasan Karyawan BSK Gekbrong Cianjur Positif Covid-19

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang, H Suwarna Murdias, mengaku, belum mendapat informasi terkait persoalan yang terjadi di SDN RA Kartini Desa Patimban tersebut.

“Belum ada informasi ya, tolong minta alamat lengkap sekolahnya, nanti saya secepatnya ke lapangan,” kata Suwarna saat hubungi Jabarnews. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat