Tak Seperti PNRI, Pemkab Belum Mau Apresiasi Gerakan Warkina

JABARNEWS | KABUPATEN CIREBON – Pengabdian Warkina asal desa Suranenggala Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon sebagai inisiator gerakan sadar baca “Pado Maco” mendapat apresiasi dan penghargaan dari perpustakaan nasional Republik Indonesia (PNRI).

Warkina menerima penghargaan Nugraha Jasadrma Pitaloka pada Jumat (7/9/18). Warkina sangat berterima kasih kepada PNRI yang telah memberikan penghargaan ini. Karena Bagi dia, penghargaan itu sebagai cambuk untuk tetap semangat menyuarakan gerakan sadar baca di seluruh Kabupaten Cirebon.

Baca Juga:  Simpan Sabu di Pot Bunga, 2 Pemuda Diringkus

Berkat kegigihannya, guru honorer SMPN 2 Suraneggaala ini. Kini sudah memiliki taman baca di rumahnya dan perpustakaan keliling menggunakan mobil hasil dari bekerja tambahan.

“Alhamdulillah PNRI memberikan perhatian dengan memberikan penghargaan kepada gerakan Pado Maco. Penghargaan akan jadi semangat kami terus bergerak menyuarakan gerakan sadar literasi,” kata Warkina di kediamannya, Minggu (9/9/18).

Baca Juga:  Cara Halus Ustaz Abdul Somad Menolak Dampingi Prabowo

Menurut Warkina membaca adalah sebuah kewajiban bagi setiap anak yang ingin memiliki masa depan lebih baik, dari membaca akan mendapatkan ilmu, mengurangi kebodohan dan mengurangi kemiskinan. Budaya membaca harus di mulai sejak usia dini, kebiasaan membaca akan terus di lakukan hingga dewasa nanti.

“Dari membaca kebodohan dan kemiskinan bisa di lawan. Gemar membaca harus di budayakan sejak dini. Jangan sampai tidak karena akan merusak masa depannya,” tambah dia.

Baca Juga:  Tokoh Pemuda: Publik Butuh Transparansi Dana Baznas Purwakarta

Warkina mengakui pemerintah daerah sendiri belum memberikan perhatian khusus kepada kegiatannya ini. Mudah – mudahan dengan penghargaan yang sudah di dapat akan menggerakkan hati pemda Kabupaten Cirebon untuk memberikan perhatian lebih. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat