Tangkal Hoax Dengan Tidak Menyebarkannya

JABARNEWS | PARIAMAN – Maraknya penyebaran berita dan informasi bohong (hoax) serta ujaran kebencian khususnya di media sosial semakin erpotensi memicu perpecahan bangsa.

Beralasan itu, Senator asal Sumatera Barat sekaligus anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Emma Yohanna mengajak pemuda Indonesia untuk turut menangkal penyebaran informasi hoaks guna mencegah perpecahan.

“Pemuda berperan penting dalam pembangunan bangsa salah satunya dengan memerangi informasi hoaks dan tidak ikut menyebarkannya,” kata Emma saat menghadiri sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Pariaman, Sumbar, Minggu(11/3/2018).

Baca Juga:  TAPP MARKET, APLIKASI MARKETPLACE GAYA BARU TELAH HADIR DI KOTA BANDUNG

Dikutip dari Antaranews.com, kata Emma, banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemuda untuk menangkal hoax seperti membantu meluruskan berita atau informasi serta melakukan klarifikasi kepada masyarakat luas.

Baca Juga:  Tiga Jenis Sepatu Sneaker Air Jordan 1 Cocok Dimiliki Pengusaha Muda

“Paling sederhana yaitu tidak ikut serta menyebarkan informasi hoax,” ujar dia.

Salah seorang pemuda di Pariaman Nanda, menyebutkan ia siap memberantas dan memerangi informasi atau pun berita hoaks yang bermunculan di tengah masyarakat.

“Semua elemen masyarakat memiliki hak dan kewajiban untuk melawan berita hoaks karena dapat merusak integritas bangsa dan negara,” ucap pemuda lulusan Universitas Andalas tersebut.

Baca Juga:  Menyulap Limbah Kayu Jati Dan Sonokeling Jadi Miniatur Kapal

Dalam memerangi berita hoax, diantaranya tidak ikut serta menyebarkannya kepada masyarakat.

Karena, semakin menyebar semakin banyak ditemukan informasi hoax terutama di media sosial yang dapat memecah belah kerukunan masyarakat tanpa dicerna dengan baik oleh pembaca. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat