Taufiq: Siswa Harus Siap Mental

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tahun ajaran baru merupakan suatu tantangan bagi anak didik yang baru naik jenjang. Beban pengenalan sosial dan psikologis merupakan tantangan terberat bagi mereka, yang akan berperan memengaruhi langkah mereka ke depan bahkan sampai masa depannya. Hal itu diungkapkan Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso saat ditemui di Kantor Bupati Purwakarta.

“Bagi anak-anak yang baru memasuki sekolah dasar dan sekolah menengah, perpindahan terutama adalah dari TK ke sekolah dasar, dari sekolah dasar ke sekolah menengah, mereka pasti akan menghadapi ketegangan, karena itu adalah sekolah pertama dia di tempat yang baru,” ujar Taufiq, Selasa (17/7/2018).

Baca Juga:  Inilah Pesan Emil Kepada 40 Pasangan Nikah Massal

Makanya, tambah dia, mereka harus didampingi. “Jangan biarkan mereka sendirian. Jangan biarkan mereka mendapatkan pengalaman buruk di hari pertama,” katanya.

Baca Juga:  Jabat Ketua Perbakin Subang, Ini Janji Agus Masykur

Selain itu, Pj Bupati menambahkan, para siswa baru ini harus diberikan motivasi agar mau lebih giat lagi belajar. “Sebab, meningkatnya ilmu maka akan meningkatkan kualitas hidup yang bersangkutan,” paparnya.

Taufiq berpesan, agar para guru dapat membimbing para siswa baru agar mampu dengan cepat beradaptasi denagn perkembangan dunia yang sangat dinamsi. “Agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perkembangan zaman,” terangnya.

Baca Juga:  Simak, Inilah 10 Jejak Peristiwa Bandung Lautan Api

Makanya, dia berharap, selain pendidikan yang sifatnya formal, para siswa juga bisa mengikuti berbagai kegiatan, terlebih kegiatan tentang keagamaan. “Jadi jangan lupa untuk meningkatkan juga pengetahuan di bidang keagamaan. Karena itu saya mohon kepada seluruh orang tua untuk baik-baik, berilah anak-anak kita penuh kasih sayang,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat