Tips Atasi Sakit Kepala Di Saat Bulan Ramadan

JABARNEWS | BANDUNG – Sakit kepala memang menjadi salah satu gejala yang sering menyerang saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Hal tersebut pun kerap membuat orang membatalkan puasanya demi mengatasi rasa nyeri yang menyerang kepala.

“Sakit kepala kadang muncul saat siang atau sore jelang berbuka. Frekuensinya pun kerap meningkat seiring waktu puasa. Padahal pasien yang mengalaminya juga tidak memiliki riwayat sakit kepala atau migrain,” ujar Dokter Elliot Shevel, ketua South African Headache Society dikutip dari Southland Sun.

Lalu, bagaimana melenyapkan sakit kepala yang mengganggu selama puasa?

Baca Juga:  Kejati Jabar: Kasus Korupsi Jembatan Cisinga Segera Disidangkan

Kebiasaan mendapatkan asupan kafein harian berlebihan saat sedang tak berpuasa dianggap menjadi biang kerok penyebab sakit kepala.

Untuk menghindarinya, konsumsi kafein yang berlebihan harus dilakukan jelang berpuasa. Kebiasaan mengurangi asupan kafein berlebih ini seharusnya dilakukan beberapa hari atau seminggu jelang puasa.

Namun selain kafein, hipoglikemia atau kadar gula darah rendah juga dapat jadi pemicu sakit kepala.

Konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi sebelum puasa bisa menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah. Saat puasa, kadar gula pun turun drastis dan berpotensi menimbulkan sakit kepala.

Elliot menyarankan orang untuk menjaga asupan gula selama puasa agar tidak berlebihan dengan drastis saat sahur dan berbuka.

Baca Juga:  Polisi Grebek Rumah Terduga Pelaku Bom

Di sisi lain, dehidrasi juga punya andil dalam sakit kepala yang dirasakan mereka yang berpuasa. Otak manusia sebagian besar terdiri dari air dan sensitif terhadap kekurangan cairan yang masuk ke tubuh.

Otak akan mulai memproduksi histamin saat merespons kurangnya asupan cairan. Histamin berfungsi untuk mendistribusikan dan menjaga kadar air dalam otak. Ia melakukan antisipasi jika kondisi minim asupan cairan berlangsung dalam jangka waktu lama.

Produksi histamin juga membawa dampak negatif yakni timbul rasa sakit dan lelah atau dengan kata lain timbul sakit kepala, sehingga penting untuk menjaga asupan cairan selama puasa dengan mengontrolnya saat sahur dan berbuka.

Baca Juga:  Tiga Model Pintu Kayu Unik Dan Cocok Untuk Dekorasi Rumah

“Pasien juga sebisa mungkin menjauhkan diri dari stres, kelelahan dan kurang tidur selama puasa, ini juga bisa jadi penyebab sakit kepala,” jelasnya.

Itulah tadi tips mengilangkan sakit kepala selama di bulan ramadan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. Selamat mencoba! (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari femaleradio

Jabarnews | Berita Jawa Barat