TPID Subang Harus Paham Program Inovasi Desa

JABARNEWS | SUBANG – Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kabupaten Subang menggelar pelatihan inovasi desa di Hotel Puspa Sari di Desa/Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak 15-17 November 2018 dan diikuti 87 peserta yang berasal dari TPID se-Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Subang, Memet Hikmat mengatakan, kehadiran PID bertujuan membangun desa dan masyarakatnya. “Kita bisa mencontoh pembangunan yang dilakukan desa lain dan kita inovasikan di desa kita agar kita maju bersama, tidak ada lagi masyarakat yang miskin,” kata Memet, Jumat (16/11/2018).

Baca Juga:  PMI Gulirkan Kampung Donor Di Cirebon, Ini Tanggapan Bupati

Dia berharap, nantinya TPID mampu mendokumentasikan inovasi yang ada di desa dan menyebarluaskan untuk dapat dilakukan di desa lain. “Dari Subang harus ada kegiatan desa yang punya nilai inovatif, agar bisa diambil contoh untuk desa dan daerah lain, TPID harus menjadi saksi sejarah desa membangun,” kata Memet.

Memet mengapresiasi, panitia pelaksana yang telah melaksanakan pelatihan ini. “Untuk TPID selamat mengikuti pelatihan ini dengan baik karena tujuan pelatihan ini agar TPID dapat memahami tugasnya dalam melaksanakan program inovasi desa,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Ahli (TA) Pendamping Desa (PD) Kabupaten Subang, Hj Marsiah mengatakan, kegiatan tersebut berdasarkan petunjuk teknis operasional Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) dan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) program inovasi desa Direktorat Jenderal Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa tahun 2018.

Baca Juga:  Via Vallen: Dulu Aku Banyak Utang

“Pelatihan TPID diikuti 87 peserta yang terdiri dari TPID di 29 kecamatan se Kabupaten Subang, ” katanya

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) merupakan pelaksana kegiatan PPID di kecamatan dan berkedudukan di Kecamatan. TPID merupakan kelompok masyarakat yang mengelola Dana Bantuan Pemerintah PPID.

“TPID dipilih melalui forum musyawarah di kecamatan dan dikukuhkan camat atas nama bupati melalui surat keputusan,” ucapnya

Baca Juga:  BIJB Hadir, Pemuda Harus Punya Skill

Ia berharap, melalui kegiatan pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) ini dapat meningkatkan peran dan kapasitas TPID sebagai pelaku Program Inovasi Desa di Kabupaten Subang, dimana dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan “Bursa Inovasi Desa”

Peningkatan kapasitas desa dilakukan melalui kegiatan Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) fokus pada bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, Infrastruktur desa dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. “Tujuan dari “Bursa Inovasi Desa” ini, untuk mewujudkan Desa yang Mandiri, Kuat dan Sejahtera,” katanya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat