Pelantikan Kepala Daerah Di Jabar Diarak Delman Dan Bandros

JABARNEWS | BANDUNG – Pelantikan Wali Kota Bandung dan lima kepala daerah lainnya di wilayah Jawa Barat tinggal menghitung hari. Sejumlah prosesi bakal mengiringi pelantikan di Gedung Merdeka Jalan Asia-Afrika Kota Bandung, Kamis (20/9/2018).

“Sebelumnya, nanti kepala daerah itu, melakukan ‘historical walk’ dari Hotel Savoy Homann menuju Gedung Merdeka,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kamalia Purbani, pada Kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (18/9/2018).

Baca Juga:  Perwal PPKM Level 4 Keluar, Ini Aturan Masuk Mal, Resto dan Cafe

Kamalia menambahkan, sepanjang jalur ‘historical walk’ akan dibarikade oleh pasangan mojang jajaka yang berasal dari masing-masing daerah. Selain itu juga ada Paskibraka dari Pemprov Jabar.

Ketika sudah masuk gedung merdeka, tepat pukul 09.00 WIB, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan melantik para kepala daerah termasuk Wali Kota Bandung.

“Itu proses berlangsung sekitar 1,5 jam. Dari mulai pembacaan, pengambilan sumpah dan sebagainya, diperkirakan selesai pukul 10.30 WIB,” jelasnya.

Baca Juga:  Polisi Berhasil Tangkap Ibu Pembuang Bayi Dalam Kantong Kresek di Tasikmalaya

Kamalia mengungkapkan, usai pelantikan, para kepala daerah akan diarak menggunakan delman menuju Gedung Sate. Sebanyak 14 delman akan diisi kepala daerah beserta istri dan wakil ketua daerah berserta istri.

“Rute arak-arakannya, Gedung Merdeka, Cikapundung, Braga, Wastukancana, Riau, Dago, Diponegoro dan berakhir di Gedung Sate,” kata Kamalia.

“Nantinya untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di belakang delman, menggunakan Bandung Tour On Bus (Bandros). Kita menyediakan 7 unit Bandros,” tambahnya.

Baca Juga:  143 Anak di Kota Bandung Ajuan Dispensasi Menikah

Mengenai serah terima jabatan dari Wali Kota Definitif kepada Wali Kota yang telah dilantik, Kamalia menegaskan, agenda tersebut akan menyesuaikan dengan agenda Gubernur Jawa Barat.

“Rencananya, Jumat (21/9/2018) atau Selasa (25/9/2018) pas Hari Jadi Kota Bandung (HJKB). Opsi lain yaitu pada Kamis (27/9/2018). Kita berikan opsi itu, pertimbangan usulan dewan dan menyesuaikan agenda Gubernur maupun pimpinan,” jelasnya. (Rilis Pemkot Bandung)

Jabarnews | Berita Jawa Barat