Membedakan Uang Palsu Itu Mudah, Ini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Maraknya peredaran uang palsu saat ini membuat kita wajib untuk selalu waspada. Umumnya, peredaran uang palsu marak terjadi saat menjelang hari-hari besar seperti Idul Fitri. Berbagai macam cara diluncurkan oleh para pengedar uang palsu demi melancarkan aksinya.

Meski bukan menjelang hari-hari besar, kita perlu mengetahui bagaimana cara membedakan uang asli dengan uang palsu agar tidak menjadi korban si pengedar uang palsu. Ada baiknya jika kita menerima uang untuk lakukan 3D, dilihat, diraba dan diterawang.

Baca Juga:  Mau Ikut CPNS 2021? Ini Referensi Formasi dan Instansi Sepi Peminat

Berikut dibawah ini beberapa cara mudah untuk membedakan uang asli dan uang palsu, diantaranya:

Bagian pita

Cara pertama yang harus anda perhatikan adalah bagian pita. Pada uang asli akan terlihat dengan jelas tulisan “Negara Kesatuan Republik Indonesia” tercetak diatas pita dan menyatu dengan baik. Namun, pada uang palsu, tulisan ini seakan tertindih oleh pita.

Gambar timbul air

Cek uang dengan diterawang. Pada uang asli, gambar timbul air akan tampak jelas gambar pahlawan. Namun, pada uang palsu gambar ini tampak buram dan tak jelas.

Baca Juga:  Polres Tanjung Balai Tangkap Pelaku Pembunuhan, Dua Masuk DPO

 

Perbedaan uang asli dan uang palsu terlihat dengan jelas dari ketajaman warna hingga gambar. (Foto: net)

 

Tulisan Bank Indonesia dan Nominal

Pada uang asli, cetakan tulisan “Bank Indonesia” dan nominal “50000” tampak jelas berada dalam sebuah trapesium dengan titik-titik putih. Namun, pada uang palsu, tulisan ini terlihat buram. Bentuk trapesiumnya pun tak tampak dengan jelas.

Kondisi fisik

Yang terakhir adalah dengan memperhatikan fisik uang, mulai dari warna, bentuk hingga ketebalan tulisan, serta sejumlah gambar pada uang. Pada uang asli hal-hal detail terkecil pun dapat terlihat dengan sangat jelas. Namun, pada uang palsu, detail-detail ini seakan menghilang begitu saja.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Dampingi Ketum Golkar Raih Anugerah Doktor Honoris Causa di Korsel

 

Perbedaan uang asli dan uang palsu. (Foto: net)

 

Itulah tadi beberapa cara mudah untuk membedakan uang asli dan uang palsu. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda agar terhindar dari uang palsu. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari prfmnews.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat