Pinjaman Modal Usaha: Harus Kemana dan Bagaimana Caranya?

Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai calon pengusaha, Anda tentunya membutuhkan banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang. Untuk memulai sebuah usaha, tidak hanya dibutuhkan ide yang unik dan pengalaman yang panjang saja, namun juga ada faktor terpenting yang harus terpenuhi yaitu modal usaha.

Baca Juga:  Humas Pemerintah Se-Jabar Turut Meriahkan Asian Games 2018

Modal usaha sangat penting bagi bisnis apapun. Mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga besar pasti membutuhkan modal usaha. Cara mendapatkan modal usaha juga beraneka ragam, mulai dari menggunakan harta pribadi hingga menggunakan pinjaman modal usaha.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Penyebab Migrain dan Cara Mengatasinya

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membuka usaha, simak artikel berikut ini untuk menambah wawasan Anda.

Pengertian modal usaha

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), modal merupakan sejumlah dana yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha. Dalam suatu perusahaan, modal secara umum dapat diperoleh dengan cara menerbitkan saham (capital). Modal usaha juga dapat diperoleh dari operasi bisnis, pembiayaan ekuitas, maupun utang dari penyedia pinjaman modal usaha.

Baca Juga:  Bermodal 1 Juta, UMKM Asal Bandung ini Memulai Bisnis yang Berdayakan 42 Penduduk Lokal & Omzet Meningkat 60%