Sosok Polwan di Balik Kasus Ferdy Sambo, Terkena Sanksi Demosi Setahun

AKP Dyah Chandrawati saat menjalani sidang kode etik di Mabes Polri. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – AKP Dyah Chandrawati menjadi satu-satunya sosok polisi Wanita (Polwan) berpangkat perwira yang terseret kasus mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Karena dianggap tidak professional dalam menjalankan tugasnya, Tim Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menjatuhkan sanksi demosi selama setahun terhadap eks Paur Subbagsumda Bagrenmin Divpropam Polri tersebut.

Baca Juga:  Operasi Zebra selama Dua Pekan, Polisi Dilarang Lakukan Tilang Manual

Lalu apa peran  AKP Dyah Chandrawati di kasus yang menjerat Ferdy Sambo?

Dalam putusan sidang etik tersebut, Dyah dinilai bersalah karena tidak profesional dalam pengelolaan senjata api dinas. Tak disebutkan dengan jelas senjata milik siapa yang dalam putusan tersebut.

Baca Juga:  15 Warga Binaan Lapas Ciamis Bersihkan Masjid

Namun demikian, informasi yang beredar, pelanggaran etik yang dilakukan Dyah berkaitan dengan surat senjata api milik Bharada Richard Eliezer (E).

Tim KKEP yang dipimpin Wairwasum Polri Irjen Tornagogo Sihombing pun menilai Dyah telah melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf C perpol 7 Tahun 2022.

Baca Juga:  TNI AU Kerahkan Pesawat CN-295, Temukan Tumpahan Minyak di Sekitar Jatuhnya Helikopter Milik Polri

Kabag Penum Humas Polri, Kombes Nurul Azizah tak menjelaskan lebih lanjut ketidakprofesionalan yang dimaksud dalam pengelolaan senjata api dinas tersebut. Ia hanya mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan pemeriksa.