Cegah Korupsi Ala Gubernur Aher

JABARNEWS | SUBANG – Upaya untuk mencegah perilaku koruptif bisa dilakukan dengan 4 pendekatan. Yang paling utama ialah dengan menghadirkan Allah SWT dalam diri manusia, yaitu dengan menanamkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Pernyataan itu diungkapkan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher), dalam Tausiyah Pengajian, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Subang, Kamis (22/3/2018) malam.

“Menumbuhkan rasa bahwa kita diperhatikan oleh Allah SWT atau ke-ikhsan-an, yaitu rasa walaupun tidak bisa melihat Allah tetapi yakin tidak lepas dari pengawasan Allah,” ujarnya.

Baca Juga:  Kapolres Majalengka 'Pelototi' Tampang Anggotanya

Kata Aher, yang kedua ialah membuat administrasi pemerintahan yang sulit dimanipulasi. Ketiga, Diberikan kesejahteraan yang mencukupi.

Mengenai kesejahteraan, kata dia, sangat relatif. “Bisa jadi bagi yang satu pendapatan 7 juta (rupiah) dengan anak 3 (orang) cukup. Sedangkan bagi yang lain tidak cukup,” katanya.

Lalu yang keempat ialah penegakan hukum. “Kalau semua usaha tadi telah dilaksanakan tetapi tetap saja melakukan korupsi, ini pekerjaan Kapolres (untuk menindaknya),” ujarnya.

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Subang, Dady Iskandar, merasa pas ditugaskan di Kabupaten Subang. Dady menyebutkan, langkah pertama yang dilakukan ialah bersilaturahim dengan tokoh masyarakat dengan cara salat shubuh berjama’ah. Langkah ini, kata dia, sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Lantik RT dan RW, Ini Pesan Camat Purwakarta

“Di tengah masalah yang dihadapi oleh Pemerintah Subang, langkah yang penting dilakukan ialah mendekatkan diri kepada Allah. Insya Allah keberkahan akan terus hadir,” katanya.

Kata Dady, dia berupaya menciptakan ASN yang netral selama proses tahapan Pilkada. “Alhamdulillah kondisi di Subang tidak ada gejolak. Tidak ada temuan keberpihakan ASN (selama proses tahapan Pilkada),” katanya lagi.

Baca Juga:  Cerita Gaib Kecelakaan yang Terjadi di Tol Cipularang

Suasana kondusif ini perlu dijaga hingga waktu Pemilihan tanggal 27 Juni.

Acara Silaturahim bersama Gubernur bagian dari pengajian rutin setiap Kamis malam oleh Pemkab Subang.

Pengajian kali ini turut dihadiri Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni; Komandan Kodim 0605 Subang, Letkol Inf Fikri Ferdian; dan BKPP Daerah II Purwakarta, Toto Muhammad Toha serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Subang. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat