Ketua Apdesi Purwakarta: Harus Ada Aksi Konkret Berantas Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat, mendukung penuh langkah Pemkab Purwakarta melalui peran tiga pilar yakni Kepala Desa/Kelurahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas serta Kepala Puskesmas guna mewujudkan desa bersih narkoba.

Menurut Anwar, hal ini sangat bagus untuk dilakukan sebagai bentuk optimalisasi dan percepatan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Baca Juga:  Anak Muda Cirebon Dukung Azis-Eti

“Kegiatan peningkatan kapasitas tiga pilar kemarin, kami sangat menyambut baik sekali. Karena di sana ada bentuk keterlibatan dan sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah,” kata Anwar, saat ditemui di Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, Jumat (14/12/2018).

Dia mengatakan, yang terpenting untuk menjauhi bahaya narkoba ini yaitu melalui pendekatan budaya dan agama.

Baca Juga:  KPK Geledah Enam Lokasi Kasus Kratifikasi Mantan Bupati Cirebon

“Kaitan itu lebih lebih efektif, efisien, dan lebih menyentuh terhadap masyarakat desa. Di setiap desa kan hari ini ada Peraturan Desa Budaya yang mengatur cara regulasi bagaimana tata cara kehidupan sosial agama dan pemerintahan dan hukum adat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Menikmati Sunrise Di Tempat Wisata Gunung Lembu Purwakarta

Anwar berharap, kegiatan kemarin jangan sampai hanya berbentuk simbol atau seremonial saja, tapi harus ada aksi konkret upaya pencegahan pada masyarakat terkait narkoba ini.

“Insya Allah kami akan terus berupaya lebih dominan terhadap preventif pencegahan lewat pendekatan-pendekatan melalui fungsi agama dan sosial masyarakat,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat