Pilkada Ciamis, Survei LSI: Herdiat-Yana Unggul 52,3 Persen

JABARNEWS | CIAMIS – Pasangan calon (Paslon) Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis Herdiat- Yana D Putra unggul dengan elektabilitas sebesar 52,3 persen. Sedangkan Paslon Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin memiliki elektabilitas sebesar 35,7 persen. Sisanya, 2 persen responden menyatakan rahasia, belum menentukan pilihan, tidak jawab, dan tidak tahu.

Data itu dilansir lembaga survei LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA tentang elektabilitas Paslon Bupati-Wakil Bupati di Pilkada Ciamis 2018. Survei ini digelar pada 3 sampai 7 Mei 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Responden dalam survei ini sebanyak 440 orang. Sementara margin of error survei ini sebesar 4,8 persen.

Dalam survei ini juga menguji elektabilitas personal calon bupati Ciamis apabila belum dipasangkan. Hasilnya, 52,3 persen responden menyatakan memilih Herdiat, 35,7 persen memilih Iing Syam Arifin dan 12,5 persen menyatakan rahasia, belum menentukan pilihan, tidak jawab dan tidak tahu.

Sementara elektabilitas personal Calon Wakil Bupati (Cawabup) Ciamis menyatakan 46,4 persen memilih Yana D Putra, 33,0 persen memilih Oih Burhanudin, dan 20,6 persen menyatakan rahasia, belum menentukan pilihan, tidak jawab, dan tidak tahu.

Baca Juga:  Harga Daging Ayam Mulai Turun

Meski dari segi elektabilitas kalah, namun berdasarkan survei LSI ini Paslon incumbent Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin unggul dari segi popularitas. Popularitas personal Iing Syam Arifin sebesar 92,3 persen. Sementara popularitas personal Herdiat sebesar 90,7 persen. Begitupun dari posisi calon wakil bupati, popularitas Oih Burhanudin unggul sebesar 61,8 persen. Sementara popularitas Yana D Putra sebesar 60,5 persen.

Tetapi dari tingkat kesukaan, berdasarkan survei LSI ini, justru posisinya menjadi terbalik. Calon Bupati (Cabup) Herdiat lebih tinggi tingkat kesukaannya atau sebesar 78,1 persen. Sementara tingkat kesukaan terhadap Cabup Iing Syam Arifin sebesar 75,3 persen. Begitupun pada posisi Cawabup Yana D Putra unggul dari tingkat kesukaan atau sebesar 74,7 persen. Sementara tingkat kesukaan Oih Burhanudin sebesar 73,1 persen.

Apabila dipasangkan, tingkat kesukaan terhadap calon bupati-wakil bupati Ciamis Herdiat-Yana D Putra malah lebih tinggi atau sebesar 80,0 persen. Sementara pasangan calon bupati-wakil bupati Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin sebesar 74,3 persen.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Usul Program Pembangunan Kepada DPR RI

Sementara dari peta kekuatan pemilih militan atau strong voter, pasangan Herdiat- Yana D Putra unggul dengan 44,8 persen. Sementara pasangan Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin sebesar 31,6 persen. Sedangkan 23 persen lainnya menyatakan rahasia, belum menentukan pilihan, tidak jawab dan tidak tahu.

Peneliti LSI Denny JA, Fadhli Fakhri Fauzan, mengatakan, hasil survei ini memang mengejutkan banyak pihak, di mana pasangan calon incumbent atau petahana kalah elektabilitasnya dari pasangan calon penantangnya.

“Namun, hasil survei yang kami rilis merupakan gambaran kondisi hari ini, bukan pada tanggal 27 Juni atau pada saat pencoblosan nanti. Karena situasi dan dinamika politik masih bisa berubah dalam sebulan kedepan. Apakah pasangan nomor urut 1 (Herdiat-Yana) masih bisa mempertahankan keunggulannya atau tidak, tergantung dari pergerakan dan dinamika politik selama sebulan kedepan,” ujarnya, dikutip laman Harapan Rakyat, Jumat (18/5/2018).

Baca Juga:  PPP Keluarkan SK Dukungan Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur Untuk Pilgub Jabar

Fadhli menjelaskan, alasan yang menyebabkan elektablitas calon penantang unggul dari incumbent, lebih disebabkan dari faktor opini publik. Dari hasil survei tersebut menunjukan bahwa pasangan Herdiat-Yana lebih dipercaya mampu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

“Faktor opini publik menunjukan sebesar 21,9 persen percaya kepada pasangan Herdiat-Yana. Sementara pasangan Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin sebesar 19,1 persen,”ujarnya.

Sementara pasangan Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, kata Fadhli, unggul dari alasan faktor kedekatan pemilih. Menurutnya, dari seluruh responden yang menyatakan akan memilih Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, kebanyakan memilih dengan alasan karena faktor dekat atau kenal.

“29 persen responden mengaku akan memilih pasangan Iing-Oih karena kenal atau alasan kedekatan. Sementara responden yang mengaku akan memilih pasangan Herdiat-Yana karena kenal atau alasan kedekatan hanya sebesar 20,2 persen,”ujarnya.

Fadhli menambahkan pasangan Herdiat-Yana D Putra unggul di seluruh segmen pemilih baik dari usia, pendidikan maupun tingkat ekonomi masyarakat. (Des)

Jabarnewsn | Berita Jawa Barat