• Senin, 29 November 2021

Gelombang Panas Sedang Terjadi di Indonesia, BMKG: Itu Hoaks

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:14 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

JABARNEWS | JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menepis hoaks tentang gelombang panas yang sedang terjadi di Indonesia.

"Berita yang beredar ini tentu tidak tepat dan tidak benar atau hoaks, karena kondisi suhu panas dan terik saat ini tidak bisa dikatakan sebagai gelombang panas," ujar Pelaksana tugas Deputi Bidang Klimatologi Urip Haryoko dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 16 September 2021.

Hoaks tentang hal itu, antara lain menyebutkan saat ini cuaca sangat panas, suhu pada siang hari bisa mencapai 40 derajat Celcius, dianjurkan untuk menghindari minum es atau air dingin.

Baca Juga: Robert Alberts: Bermain Sepakbola Untuk Menang, Itu Target Kami

Baca Juga: Yuk Simak Cara Mengganti Profil Google Meet Pada HP, Perhatikan Tahapannya!

Urip menerangkan gelombang panas terjadi pada wilayah yang terletak pada lintang menengah dan tinggi, sedangkan Indonesia terletak di wilayah ekuator yang secara sistem dinamika cuaca tidak memungkinkan terjadinya gelombang panas.

Baca Juga: Apresiasi Tim Media Pesantren, AISNU Bakal Gelar Pesandigi Jabar Awards 2021

Baca Juga: Dirjen Pemdes Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak Purwakarta, Ini Pesannya

Gelombang panas dalam ilmu cuaca dan iklim didefinisikan sebagai periode cuaca (suhu) panas yang tidak biasa yang biasanya berlangsung setidaknya lima hari berturut-turut atau lebih (sesuai batasan Badan Meteorologi Dunia atau WMO) disertai oleh kelembapan udara yang tinggi.

Halaman:

Editor: Iqbal Safana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X