Antisipasi Bencana Alam, Apel Siaga Digelar di Purwakarta

Apel Siaga di Purwakarta
Apel Siaga Bencana di Taman Pesanggrahan Padjajaran, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

Memasuki Musim penghujan ini, lanjut dia, potensi terjadinya bencana alam sangat besar, maka dari itu perlu adanya peran dan partisipasi dari semua pihak.

“Polres Purwakarta bersama instansi terkait menggelar apel ini untuk mengecek kesiap-siagaan baik itu peralatannya maupun personelnya. Jadi kalau nanti ada bencana alam, baik itu banjir maupun tanah longsor kita siap langsung terjun, kita bantu masyarakat di wilayah Purwakarta ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Pihak Restoran Ow My Plate Akui Belum Kantongi Izin

Ia berharap, apel siaga bencana ini dapat menjadi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

Baca Juga:  Pelantikan Apdesi Karawang, Uu Ruzhanul Ulum Sampaikan Pesan Ini

Ditempat yang sama, Sekda Purwakarta, Norman Nugraha mengatakan, apel siaga bencana ini bentuk kesiapan personel dalam menghadapi bencana diperlukan. Dia berkaca pada rentetan bencana yang terjadi pada tahun lalu yang mana puncaknya terjadi di akhir tahun.

Baca Juga:  Toko Aksesoris Motor di Purwakarta Disatroni Maling, Kerugian Capai Rp10 Juta

“Kami meminta seluruh elemen masyarakat menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak tetapi yang lebih penting merupakan upaya bersama untuk dapat meminimalkan dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” ungkap Norman.